Mengarusutamakan Pancasila Menyongsong Bonus Demografi 2045

Share this:
BMG
Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, di Lapangan Adam Malik, Sabtu (01/06/2024) pagi. Saat menjadi Inspektur Upacara, Susanti mengenakan pakaian adat Simalungun, lengkap dengan Bulang di kepala.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, di Lapangan Adam Malik, Sabtu (01/06/2024) pagi.

Saat menjadi Inspektur Upacara, Susanti mengenakan pakaian adat Simalungun, lengkap dengan bulang di kepala. Begitu juga Sekda Junaedi Antonius Sitanggang serta jajaran pimpinan OPD Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar turut mengenakan pakaian adat Simalungun.

Susanti membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi. Disebutkan, Peringatan Hari Pancasila tanggal 1 Juni 2024, merupakan hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Tema ini mengandung maksud Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, di Lapangan Adam Malik, Sabtu (01/06/2024) pagi.

Baca‘Salam Pancasila’, Bukan Salam Keadagamaan tapi Salam Pemersatu Kebangsaan

BacaPimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Walikota Susanti Kenakan Pakaian Adat Simalungun

Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ajaknya.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: