Ketua Umum Mangapul Purba: HPSI Tidak Berpolitik Praktis

Share this:
BMG
Ketua Umum HPSI, Mangapul Purba. Peserta Rapat Kerja Nasional Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI), di Simalungun Room, Siantar Hotel, Sabtu (22/06/2024).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Ketua Umum DPP Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI), Mangapul Purba SE mengungkapkan, secara organisasi, HPSI tidak berpolitik praktis. Akan tetapi, Anggota HPSI jangan sampai anti dengan politik.

“Sebab, politik memiliki tujuan mulia. Yakni, membela dan memperjuangkan kepentingan masyarakat,” kata Mangapul Purba, dalam sambutannya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI), bertempat di Simalungun Room Siantar Hotel, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Sabtu (22/06/2024).

Lebih lanjut, Mangapul mengungkapkan, HPSI saat ini sudah terbentuk pada berbagai daerah di Indonesia. Harapannya, HPSI semakin kompak, bersatu, dan selalu berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pada kesempatan itu, dia menyebutkan HPSI juga concern terhadap agenda pemekaran Kabupaten Simalungun. Hal itu terbukti, dengan dibentuknya DPC HPSI Simalungun Hataran dan DPC HPSI Kabupaten Simalungun.

Ketua Umum, Mangapul Purba secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI), bertempat di Simalungun Room, Siantar Hotel, Sabtu (22/06/2024).

BacaKetum Harungguan Purba Simalungun Indonesia, Mangapul Purba: Kita Tidak Ekslusif, tapi Terbuka ke Semua

BacaKabar Gembira 2024, Rumah Bolon Pematang Purba Bakal Dipugar, Anggaran Rp4 Miliar

Mangapul juga tidak lupa menyampaikan apresiasi terhadap keinginan para tokoh marga Purba yang ingin berpartisipasi dalam pilkada serentak September 2024 mendatang. Apresiasi disampaikan kepada dr Tuahman Purba dan Yan Santoso Purba, yang ingin menjadi bakal calon (balon) Walikota Pematangsiantar, serta Budi Manggalaraja Purba, balon Bupati Simalungun.

“Semoga proses untuk mendapatkan (rekomendasi) partai politik pendukung bisa berjalan sesuai harapan bersama,” tandas Mangapul.

Sementara, Penasehat DPP HPSI, Dr (Med) Sarmedi Purba SpOG dalam sambutannya, menuturkan bahwa menyatunya 14 rumpun marga Purba Simalungun adalah suatu keajaiban.

“Seingat saya tahun 1964, hanya ada 10 marga Purba. Sekarang, ada 14 marga Purba. Salut, karena semua bisa bersatu dalam wadah HPSI,” kata Sarmedi Purba, yang juga Ketua Umum Pemangku Adat dan Cendikiawan Simalungun (PACS), itu.

Melihat kesuksesan mempersatukan marga Purba, dokter spesialis kandungan ini berharap HPSI juga mampu mempersatukan Partuha Maujana Simalungun (PMS), agar kembali bersatu dan Simalungun kuat.

Foto bersama dengan Ketua Umum DPP Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI), Mangapul Purba, dalam Rapat Kerja Nasional, bertempat di Simalungun Room, Siantar Hotel, Sabtu (22/6/2024).

BacaSaat Mangapul Purba, Politikus PDIP yang Sangar Merasa Gemetar di Hadapan Penggiat Seni Budaya Jawa

BacaHimapsi Apresiasi Kepedulian Susanti Terhadap Pelestarian Budaya Simalungun

Hadir dalam rakernas, sejumlah pemikir dan tokoh marga Purba, seperti Penasehat HPSI Djapaten Purba. Para pengurus DPP HPSI, ketua dan sekretaris sejumlah DPC HPSI se-Indonesia. Kemudian, Marsekal Pertama (Purn) Budi Manggalaraja Purba, dr Tuahman Purba, dan Yan Santoso Purba.

Diketahui bahwa Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) bertujuan menentukan arah kebijakan dan program kerja HPSI ke depan.

Share this: