Bobby Akui Ada Kelalaian dalam Kasus Pertalite Bercampur Air di SPBU Simpang Sambo Siantar

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
SPBU 14.211.207, Jalan Sangnaualuh Damanik, Simpang Sambo Kota Pematangsiantar, terpantau masih berhenti beroperasi. Foto diabadikan, Jumat (11/10/2024).

Di sisi lain, Bobby menjelaskan kronologi peristiwa BBM jenis pertalite bercampur air di SPBU Simpang Sambo. Kejadian berawal dari adanya keretakan halus pada lantai semen di area SPBU miliknya, yang mereka tidak ketahui selama ini.

“Kalau diperhatikan pun tidak nampak (tidak kelihatan, red),” sebut Bobby.

Hal itu baru diketahui Bobby, setelah Tim HSSE Pertamina bersama Polres Pematangsiantar melakukan pengecekan atau semacam investigasi di SPBU Simpang Sambo. Dari pengecekan itu air diduga kuat masuk ke tangki pendam, lewat celah-celah semen yang mengalami keretakan halus.

“Nah, dari situ lah masuk air (maksudnya: dari semen yang mengalami keretakan halus). Air lalu turun ke dombak, dari dombak masuk ke tangki. Itu dia penyebabnya,” terang Bobby.

Pihak kepolisian saat melakukan pengecekan terhadap tangki timbun di area SPBU 14.211.207 Simpang Sambo, Kota Pematangsiantar.

Mengenai penyebab terjadinya keretakan halus pada lantai semen, lanjut Bobby, diduga kuat akibat sering dilintasi truk-truk sarat muatan saat melakukan pengisian BBM.

“Sedangkan aspal saja bisa jebol. Masuk akal juga. Maka terjadilah keretakan yang tidak terlihat kita,” tandasnya.

Ketika ditanya apakah hal itu tidak diprediksi sejak awal pembangunan? Menurut Bobby, sudah diperhitungkan oleh pihak HSE Pertamina.

“Kita membangun itu mengikuti apa yang mereka suruh. Kira-kira begitulah kalau bahasa awamnya,” ujar Bobby, seraya mengatakan bukan maksud ingin membenarkan diri.

“Boleh abang cek seluruh SPBU yang di Indonesia ini. Kita mengikuti perintah mereka. Gak bisa kita membuat itu sesuka hati kita. Termasuk masalah semen, kabel, segala macam. Termasuk sewaktu pengecoran-pengecoran, itu mereka yang mengatur semua,” ujarnya lagi.

Diketahui, hujan lebat melanda Kota Pematangsiantar, sejak beberapa hari belakangan. Hampir setiap malam, hujan.

Menurut pihak SPBU Simpang Sambo, mereka terkena dampaknya. Tangki pendam terendam banjir.

(Insert) Supervisor Juli Purba, dengan latar SPBU Simpang Sambo Siantar.

BacaSumber Air Bersih Warga Tercemar Minyak, SPBU Sinaksak Diminta Stop Beroperasi!

BacaPerkara Penggelapan Uang SPBU Rp7 Miliar, Meliani Dituntut 5 Tahun Penjara

Sehingga, Bobby berpendapat bahwa kejadian pertalite bercampur air di SPBU miliknya hingga menimbulkan keluhan sejumlah pengendara karena kendaraannya mogok, murni terjadi karena bencana alam.

“Istilahnya, bagaimanalah mau kita bilang; pertama penyebab bencana alam, kedua sialnya kami. Sial badan lagi datang. Di situ pula lagi sakit dia (Juli Purba), di situ pula kejadian,” keluh Bobby.

Halaman Selanjutnya >>>

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: