Sumber Air Bersih Warga Tercemar Minyak, SPBU Sinaksak Diminta Stop Beroperasi!

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Selamat Purba bersama para tetangga yang bermukim di Lingkungan II, Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, membakar tisu yang lebih dulu dicelup ke air sebagai bukti kalau sumber air mereka telah bercampur minyak diduga pertalite, Rabu (19/7/2023).

TAPIAN DOLOK, BENTENGSIANTAR.com– Sumur bor warga di Lingkungan II dan Lingkungan IX, Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, telah tercemar minyak.

Sampai sekarang, kurang lebih sebulan, sumber air yang selama ini dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari itu tidak bisa lagi diandalkan. Sebab air yang muncul dari sumur bor masih bercampur minyak diduda pertalite dan pertamax.

Beban hidup mereka pun semakin berat. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari, mereka harus merogoh kocek.

“Untuk kebutuhan air minum, mandi, dan untuk berwudhu, kami harus beli,” kata Selamat Purba, kepada BENTENG SIANTAR, ketika ditemui di kediamannya, Rabu (19/7/2023).

Saat itu, Selamat Purba kemudian mengajak kru BENTENG SIANTAR melihat langsung sumur bor miliknya di bagian dapur rumah. Dia ingin membuktikan ucapannya.

Segera dia menghidupkan mesin dap (pompa air). Air yang dikeluar dari mesin dap dia tampung di toples putih. Beberapa di antaranya dijejer.

Lalu, Selamat mengambil secarik tisu pituh. Tisu itu kemudian dicelupkan ke air. Dalam kondisi benar-benar basah, tisu itu kemudian dibakar dengan menggunakan mancis. Dan, yang mengejutkan, tisu basah itu pun terbakar. Wow.

Untuk meyakinkan kru BENTENG SIANTAR, Selamat kembali melakukannya. Dia meminta Doa Frihat Jon Saragih,  selaku kuasa hukum warga agar menyalakan mancis dan seketika itu api langsung menyambar tisu basah yang ada di tangan Selamat.

Pembuktian itu berlanjut hingga keluar dari ruangan. Selamat ingin menunjukkan bahwa apa yang dilakukannya, bukan rekayasa. Video selengkapnya, lihat di sini:

 

BacaViral Air Sumur Tercemar Minyak di Sinaksak, Lurah Ambil Langkah Preventif Mediasi Warga dengan Pengusaha SPBU

BacaDPRD Siantar Ungkap Indikasi Pemalsuan Dokumen Negara, Ada Tanda Tangan Walikota Susanti Juga Lho..

Di hadapan warga lingkungan II, Kelurahan Sinaksak lainnya, Selamat kembali melakukan semacam pertunjukkan, membakar tisu basah yang sudah lebih dulu dicelup ke air bersih warga yang sudah tercemar minyak BBM (Bahan Bakar Minyak).

“Ini nyata, bukan rekayasa,” tegas Selamat.

Halaman Selanjutnya >>>

Berjarak Hanya 350 Meter

Share this: