Tiga Rumah Ludes Sampai Rata Tanah, Damkar Simalungun Tak Kunjung Tiba, Kok Bisa?

Share this:
BMG
Kapolsek Bangun AKP LS Gultom memantau proses pemadaman api yang melalap tiga rumah warga di Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Simalungun, Senin (28/3/2022) siang.  

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Panik bercampur jengkel dalam benak para korban kebakaran di Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. Mereka menangis. Sekuat tenaga sudah mereka lakukan untuk memadamkan api.

Alat seadanya yang mereka punya hanya mampu menunda ganasnya api. Sementara mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkab Simalungun yang dinanti tidak kunjung tiba.

Mereka marah. Hatinya berkecamuk. Warga yang ikut membantu korban akhirnya pasrah melihat detik demi detik rumah itu habis dilalap si jago merah.

“Ya ampun… ke mananya mobil pemadam kebakaran Simalungun ini?” tangis salahseorang warga saat melihat ganasnya api di bawah terik matahari, Senin (28/3/2022), siang sekira pukul 12.45 WIB.

Dalam musibah kebakaran itu, 3 unit rumah ludes terbakar. Masing-masing rumah Rianto Nainggolan (35), Togar Nainggolan (54), dan Al R Panjaitan.

Menurut keterangan saksi Hesti Hotma Hutagalung (17), kebakaran diduga akibat arus pendek (korsleting) pada meteran listrik rumah milik Rianto Nainggolan. Korsleting itu menimbulkan percikan api. Dan, berselang beberapa menit terdengar suara ledakan dan diikuti kobaran api yang membesar dan membakar rumah tersebut.

BacaGonggongan Anjing Ungkap Kebakaran dan Selamatkan Pemilik Rumah

BacaKebakaran Hebat di Hatonduhan, Pemilik Rumah Meninggal Terpanggang

Mengetahui hal itu, Rianto bersama keluarga langsung menyelamatkan diri berlari keluar rumah dan berteriak minta tolong.

Warga sekitar berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya. Namun, api semakin besar dan merembes membakar rumah milik Togar Nainggolan dan Al R Panjaitan.

Beberapa saat kemudian, lima unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Satu milik PT STTC, dan empat lainnya milik Pemerintah Kota Siantar. Sementara, mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Simalungun, satu pun tidak ada di lokasi.

Saat kejadian kebakaran, arus lalu lintas di sekitar lokasi mengalami kemacetan di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar. Antrean kendaraan mengular dari dua arah berbeda.

Antrean kendaraan tampak mengular di sepanjang Jalan Asahan, mulai dari Kantor Kejari Simalungun hingga lokasi kebakaran di Nagori Dolok Hataran, Kecamatan Siantar, Simalungun, Senin (28/3/2022).

BacaVika, Tersangka Kasus Kebakaran Belasan Kios di Siantar Itu Ternyata Positif Narkoba

BacaKeluh Kesah Korban Kebakaran di Jalan Mangga: Kami Butuh Makan dan Bahan Bangunan

Kemacetan terlihat mulai dari depan Kantor Kejaksaan Negeri Simalungun hingga ke lokasi kebakaran. Demikian dari arah sebaliknya, antrean kendaraan sudah terlihat dari depan eks Kantor Kodim 0207 Simalungun, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar.

Halaman Selanjutnya >>>

Kepala BPBD: Damkar Simalungun Stanby Dua Unit, dan Itu di Raya

Share this: