Benteng Siantar

Radiapoh Jelaskan Apa Itu Marharoan Bolon

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Nagori Tano Tinggir, Kecamatan Purba, Senin (5/8/2024).

PURBA, BENTENGSIANTAR.com– Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menjelaskan esensi dari ‘Haroan Bolon’ adalah kebersamaan, bergotong royong membangun Kabupaten Simalungun. Dampak dari Marharoan Bolon yang selama ini digaungkan, menurut Radiapoh, sangat luar biasa dan sudah dinikmati bersama, seperti pelayanan publik.

“Jadi, marharoan bolon bukan sekadar membersihkan yang kotor atau mengangkat yang berat. Akan tetapi esensi dari Marharoan Bolon itu bekerja sama seluruh elemen membangun Kabupaten Simalungun,” kata Radiapoh Hasiholan Sinaga, saat menghadiri kegiatan ‘Gerakan Marharoan Bolon’ yang dipusatkan di Nagori Tano Tinggir, Kecamatan Purba, Simalungun, Senin (5/8/2024).

Radiapoh mengungkapkan, kegiatan marharoan bolon di Kabupaten Simalungun membawa dampak besar dan mendapat perhatian khusus pemerintah pusat.

Salah satu dampak dari kegiatan Marharoan Bolon adalah pemerintah pusat memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan porsi relatif lebih besar dibanding dengan daerah tingkat dua lainnya. Dengan begitu, upaya Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk membenahi infrastruktur, termasuk sarana jalan dapat dimaksimalkan. Oleh sebab itu, dia meyakini ‘marharoan bolon akan mampu membawa Simalungun lebih sejahtera.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan sambutan di hadapan masyarakat Nagori Tano Tinggir, Kecamatan Purba, Senin (5/8/2024).

Pada kesempatan itu, Radiapoh menyampaikan apresiasi atas antusias masyarakat melaksanakan haroan bolon (gotong royong) memperbaiki jalan demi kemajuan Simalungun yang lebih baik.

“Mudah-mudahan jalan yang kita lalui tadi sekitar 2 kilometer, di tahun depan akan kita upayakan pembangunannya,” ujarnya.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga berbincang dengan masyarakat Nagori Tano Tinggir, Kecamatan Purba, Senin (5/8/2024).

Ny Ratnawati Sidabutar tampak berbaur dengan masyarakat di Nagori Tano Tinggir, Kecamatan Purba, Senin (5/8/2024).

BacaDi Era Radiapoh, Parapat Bukan Hanya Pantai, Ada Harangan Girsang Paradise

BacaRadiapoh Gelontorkan Rp13,7 Miliar Bangun Jalan di Silou Kahean

Di sisi lain, Radiapoh menyadari bahwa kondisi hasil pertanian di Kabupaten Simalungun, dengan harga yang sangat tidak sesuai. Sekaitan hal itu, dia mengungkapkan rencana Pemkab Simalungun membangun tempat penyimpanan hasil pertanian.

“Jadi, saat harga turun, kita bisa menyimpan hasil pertanian kita, sembari menunggu harga stabil. Hal ini juga untuk mendukung perekonomian para petani kita,” tandas Radiapoh.

Halaman Selanjutnya >>>

Salahseorang tokoh masyarakat setempat, Fernando Tambun Saribu mengutarakan rasa bangga dan senang atas kehadiran Bupati Simalungun beserta rombongan.

“Ini sebuah berkah bagi kami. Kami berharap dan yakin dengan hadirnya bapak bupati, akan membawa kampung kami ini semakin maju,” ujar Fernando.

Tokoh masyarakat setempat, Fernando Tambun Saribu menyampaikan sambutan.

Maka dari itu, Fernando menyampaikan bahwa seluruh masyarakat Kecamatan Purba siap mendukung setiap program dari Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan siap mendukung gerakan Marharoan Bolon.

“Kami juga siap melanjutkan perjuangan bapak demi membangun Kabupaten Simalungun ke arah yang lebih baik lagi,” pungkas pria yang juga penggiat budaya itu.

Turut hadir Camat Purba, Rulianto Girsang, Pangulu Nagori Tano Tinggir, Anju Tondang.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Ketua TP PKK, Ny Ratnawati Sidabutar tiba di Nagori Tano Tinggir, Kecamatan Purba, Senin (5/8/2024).

Amatan media, Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga hadir didampingi Ketua TP PKK Simalungun, Ny Ratnawati Sidabutar. Sebelum menjalin silaturahmi dengan masyarakat, Radiapoh bersama Ketua TP PKK Simalungun, Ny Ratnawati berjalan kaki meninjau perbaikan jalan yang digagas masyarakat lewat Haroan Bolon di Nagori Tano Tinggir. Lewat Haroan Bolon, masyarakat telah memperbaiki jalan lebih kurang 2 Km di Tano Tinggir.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Ketua TP PKK, Ny Ratnawati Sidabutar meninjau perbaikan jalan di Nagori Tano Tinggir, Kecamatan Purba, Senin (5/8/2024).

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Ketua TP PKK, Ny Ratnawati Sidabutar meninjau perbaikan jalan di Nagori Tano Tinggir, Kecamatan Purba, Senin (5/8/2024).

Suasana pelayanan administrasi kependudukan, KB dan Kesehatan kepada masyarakat di Nagori Tano Tinggir, Kecamatan Purba, Senin (5/8/2024).

BacaEmpat Kantor Camat Dibangun Baru Era Radiapoh, Dijamin Bikin Pegawai Betah

Baca35 Tahun Tidak Tersentuh, Sekarang Lebih Baik di Tangan Radiapoh

Giat marharoan bolon juga dirangkai dengan penyerahan berbagai bantuan dari Pemkab Simalungun kepada masyarakat. Termasuk penyerahan bantuan kepada kelompok tani, berupa sarana pendukung pertanian dan bantuan kepada pelaku UMKM.

Kemudian, menggelar layanan administrasi kependudukan, KB dan Kesehatan kepada masyarakat secara gratis.

Halaman Sebelumnya <<<