Sempat Macet Panjang, Longsor di Jalan Besar Siantar-Parapat Sudah Ditangani

Share this:
IST-BMG
Material longsor tampak menutupi sebagian badan jalan besar Siantar-Parapat, tepatnya di Simpang Soalon depan Gereja HKBP Resort Parapat, Kabupaten Simalungun, Sabtu (28/09/2024), malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Tanah longsor ini diduga terjadi akibat hujan lebat yang menguyur wilayah Parapat dan sekitarnya selama beberapa jam. Kondisi tanah yang labil dan curam di sekitar area jalan besar Siantar-Parapat juga menjadi faktor utama yang menyebabkan terjadinya longsor. Akibatnya, material tanah dan bebatuan runtuh ke badan jalan dan menyebabkan kemacetan serta gangguan lalu lintas di area tersebut.

Menanggapi peristiwa itu, Plh Kapolsek Parapat AKP Jahoras Sinaga bersama personel Polsek Parapat segera turun ke lokasi untuk melakukan pengaturan lalu lintas dan mengurai kemacetan akibat tanah longsor. Dengan sigap, mereka berkoordinasi dengan personel TNI dari Koramil Parapat, Camat, serta masyarakat setempat untuk melakukan pembersihan material longsor yang menutup jalan.

Tim gabungan ini bekerja keras membersihkan material tanah dan bebatuan yang menutupi jalan menggunakan alat-alat manual seperti cangkul, sekop, dan bantuan alat berat. Berkat kerja keras dan kerjasama yang solid antara Polri, TNI, dan masyarakat, dalam beberapa jam saja jalan yang sempat tertutup akhirnya dapat kembali dibuka dan dilalui oleh kendaraan.

Material longsor tampak menutupi sebagian badan jalan besar Siantar-Parapat, tepatnya di Simpang Soalon depan Gereja HKBP Resort Parapat, Kabupaten Simalungun, Sabtu (28/09/2024), malam sekitar pukul 19.00 WIB.

BacaLongsor di Reva Kalapa Tepian Danau Toba, Tiga Rumah Tertimbun Tanah dan Bebatuan

BacaLintas Parapat Diterjang Longsor, Arus Lalin Buka Tutup

Jahoras Sinaga menyampaikan bahwa tindakan cepat dan tanggap dari seluruh pihak yang terlibat adalah kunci utama dalam mengatasi bencana alam ini.

“Kami bersinergi dengan masyarakat dan TNI untuk memastikan akses jalan kembali normal, sehingga masyarakat dapat melanjutkan aktivitasnya. Ini merupakan wujud nyata bahwa kami, anggota Polri, hadir untuk masyarakat dalam kondisi apapun,” kata Jahoras Sinaga.

Selain itu, Kapolsek Parapat dan personel Polri lainnya juga melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: