Perahu Ponton, Inovasi TNI AD untuk Angkut Sampah di Danau Toba, 1 Unit untuk Simalungun

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Kasad TNI AD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga. (Latar) Perahu ponton, pembersih sampah di perairan Danau Toba. Foto diabadikan di Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (20/09/2024).

BALIGE, BENTENGSIANTAR.com– Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) melakukan inovasi terhadap kapal agar dapat difungsikan mengangkut sampah di perairan. Kapal itu diberi nama ‘perahu ponton’.

Jumlahnya tidak banyak. Masih harus dievaluasi. Untuk percobaan, 3 unit dikerahkan di Danau Toba. Disebar di tiga wilayah; Kabupaten Simalungun, Toba, dan Humbang Hasundutan (Humbahas). Semua daerah tingkat dua yang memiliki wilayah garis pantai Danau Toba di Sumatera Utara.

Penyerahannya langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI AD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, bertempat di Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Jumat (20/09/2024). Tampak hadir; Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan,  Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, dan Bupati Toba, Poltak Sitorus.

“Kapal ini adalah inovasi dari pasukan TNI AD, dirancang untuk mengangkat sampah-sampah dari sungai maupun danau. Ini adalah produk awal dan kita coba di sini. Masih ada yang akan kita evaluasi,” kata Maruli Simanjuntak.

Maruli mengungkapkan, inovasi ini muncul baru beberapa bulan lalu. Bermula dari laporan yang masuk kepada pihaknya, meminta bantuan keanggotaan membersihkan sungai maupun danau yang ada di seluruh Indonesia.

Dia berharap perahu panton, hasil inovasi TNI AD dapat berjalan terus, sehingga danau-danau dan sungai-sungai di seluruh Indonesia, bisa bebas dari sampah.

Kasad TNI AD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak foto bersama dengan kepala daerah penerima hibah perahu panton di Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (20/09/2024).

BacaJokowi Resmikan Gerbang Tol Sinaksak, Medan-Danau Toba jadi Lebih Singkat

BacaSemoga Tembus! Usul Perbaikan Jalan Lingkar Danau Toba di Simalungun, RHS Temui Luhut

Lebih lanjut kata Maruli, jika nanti ingin ada penambahan unit perahu panton, dia menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing kepala daerah.

“Kalau untuk yang kita hibahkan saat ini, itu masih dari kita,” kata Maruli, dan disambut tepuk tangan hadirin.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: