Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok Naik, Cabai Rp45 Ribu per Kilogram

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Kakanwil Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Sumut Ramli Simanjuntak, didampingi pejabat Pemko, Kementerian Perdagangan, dan Bulog, sidak di Pasar Horas, Jumat (31/5/2019).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Sepekan menjelang Lebaran, beberapa jenis kebutuhan pokok di Kota Siantar mulai mengalami kenaikan harga. Hal ini terungkap saat Kepala Kanwil Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Sumut Ramli Simanjuntak melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah daerah, salah satunya Pasar Horas Kota Pematangsiantar.

Dalam sidak itu, Ramli didampingi pejabat dari Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar, Kementerian Perdagangan, dan Bulog. Ramli mengaku, pihaknya melakukan sidak karena belakangan ini terjadi kenaikan harga untuk sejumlah komuditas.

“Ini untuk kepentingan masyarakat karena belakangan ini inflasi di Sumut sempat naik sekitar 1 persen,” ujar Ramli, saat ditemui BENTENG SIANTAR di kawasan Pasar Horas, Jumat (31/5/2019).

Berdasarkan data di lapangan, sambung Ramli, harga bawang putih kini mencapai Rp35 ribu per kilogram. Sementara dari importirnya, hanya sekitar Rp22 ribu per killogram. Harga bawang putih ke tangan konsumen dinilai sudah tidak normal dan semua itu ulah agen nakal.

BacaSambut Natal dan Tahun Baru, BI Siantar Sediakan Rp1,25 Triliun Uang Pecahan

BacaDari Siantar, Latihan Membatik Bersama Sumiharjo Pakpahan Lanjut ke Tanah Jawa

Persoalan lainnya, kata Ramli, harga ayam potong naik sekitar Rp5 ribu per kilogram. Padahal, stok atau produksi ayam potong cukup banyak. Menurutnya, hal ini menjadi perhatian serius. Langkah yang akan dilakukan adalah dengan menegor peternak ayam dan agen nakal.

“Saya ingatkan pabrikan (peternak) untuk tidak memainkan harga. Kita tahu siapa agen-agen pabrikan dan kita tahu berapa harga dari peternak. Jangan ada agen mengambil keuntungan berlebihan. Jika itu terjadi, saya akan memanggil pihak pabrikan dan agennya. Bila perlu, jangan dikasih (ayam potong) ke agennya,” terangnya.

Share this:
http://www.lioit.com