Budi Utari Tersingkir, Kusdianto Melenggang

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Pj Sekda Kota Siantar Kusdianto saat diwawancarai wartawan usai pelantikan di Ruang Data Pemko Siantar, Rabu (20/11/2019).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Walikota Siantar Hefriansyah telah melantik Kusdianto sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah, Rabu (20/11/2019) siang. Pelantikan itu digelar di Ruang Data Pemko Siantar. Acara tersebut terlihat dihadiri para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Diangkatnya Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata itu sebagai Pj Sekda menyusul keputusan Hefriansyah membebastugaskan Sekda sebelumnya Budi Utari Siregar. Hefriansyah menilai, Budi Utari telah melakukan penyalahgunaan wewenang. Atas kesalahan itu, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sempat mengeluarkan surat rekomendasi. Salah satu poinnya adalah agar Budi Utari dikembalikan ke jabatannya.

Namun, Hefriansyah memilih untuk memeriksa kembali Budi Utari. Dan hasilnya, Hefriansyah tetap pada pendiriannya. Budi Utari nonjob dan ditempatkan di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Surat penugasan (Budi Utari) di Satpol PP sudah disampaikan,” kata Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Kota Siantar Zainal Siahaan, saat ditemui usai pelantikan.

Surat penugasan itu, jelas Zainal, berlaku mulai 11 November 2019. Masih di lokasi yang sama, Kusdianto mengatakan, langkah awal yang akan dikerjakannya sebagai Pj Sekda adalah menyelesaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

“Kita juga akan rapat. Kemarin kan masih agak ragu-ragu dengan status plh (Pelaksana Harian Sekda). Sekarang, sudah punya kewenangan lah. Mungkin kita bisa lebih bergerak lagi,” ujarnya.

BacaBudi Utari Dibebastugaskan

Disinggung mengenai kedudukannya sebagai Pj Sekda dan Kadis Pariwisata, Kusdianto tidak mempermasalahkannya. “Yang pasti kita menyiapkan kesehatan lah. Fisik dulu. Saya rasa bisalah,” ucapnya.

Kusdianto mengatakan, setelah menjadi Pj Sekda, dia akan ngantor di Sekretariat Daerah. “Biar gampang koordinasinya. Saya kan sekda, tugasnya membantu walikota,” ujarnya.

BacaKunci Ruangan Diganti, Sekda Nonaktif Budi Utari Tak Jadi Mengemas Barang

Kusdianto menambahkan, dirinya masih menjalin komunikasi dengan Budi Utari. “Sebelum ini, ada komunikasi. Tapi saat ini, karena mungkin kesibukan kita juga (tidak ada komunikasi). Sudahlah, nanti ada waktunya itu. Saya rasa tak usah kita bicara ke belakang lah,” ucapnya.

Share this: