Viral Kedatangan Petugas Medis di Lapangan Bola Bawah, Sempat Dikira Penjemputan

Share this:
BMG
Sejumlah petugas medis lengkap mengenakan APD mendatangi salah satu rumah warga di Jalan Lapangan Bola Bawah, Siantar Marihat, Jumat (3/4/2020).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kehadiran petugas medis lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD) dari Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar ke Jalan Lapangan Bola Bawah, Siantar Marihat, sempat viral di jejaring media sosial (medsos), Jumat (3/4/2020). Mereka datang dengan membawa dua unit mobil ambulans sehingga menjadi tontotan warga sekitar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Ronald Saragih membenarkan petugas medis itu merupakan anggotanya. Namun, ia mengatakan bahwa kehadiran petugas medis tersebut hanya untuk melakukan pemeriksaan, bukan penjemputan.

“Itu bukan menjemput, hanya memeriksa. Memeriksa juga kan harus pakai APD. Salah lagi nanti kalau nggak pakai APD. Saya juga nangis kalau lihat anggota saya turun nggak pakai APD,” kata Ronald, saat dihubungi via telepon seluler, Jumat sore.

Pemeriksaan yang dilakukan itu, sambung Ronald, karena warga itu memiliki riwayat opname di Kota Medan.

“Bukan dari luar negeri. Ada riwayat opname di Medan. Bukan melarikan diri. Dia pulang karena anaknya mau ujian,” jelas Koordinator Pencegahan dan Penanganan di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar ini.

BacaTiga Orang Positif Corona di Simalungun, Satu Menantu PDP yang Meninggal

BacaCegah Corona Masuk Kampung, Sistem Wajib Lapor Diberlakukan di Aek Nauli

Ronald mengatakan, pihaknya masih menelusuri dan menggali informasi dari rumah sakit di Medan tentang warga tersebut.

“Kita masih menelusuri ke Medan,” ucapnya.

Ronald menambahkan, pihaknya pun sudah memerintahkan warga itu agar karantina mandiri di rumah.

Share this: