Mengenang Guru Jason Saragih, Pelopor dan Tokoh Pendidik Simalungun di Hari Pendidikan Nasional

Share this:
BMG
Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung dan Dandim 0207/SML Letkol Inf Hadrianus Yossy turut hadir bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menabur bunga di Makam Tuan Guru Jason, pelopor dan tokoh pendidik di Simalungun, Selasa (2/5/2023).

RAYA, BENTENGSIANTAR.com– Memeringati Hari Pendidikan Nasional, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung dan Dandim 0207/SML Letkol Inf Hadrianus Yossy ziarah ke Makam Tokoh Pelopor Pendidik Simalungun Guru Jason Saragih, Pamatang Raya, Selasa (2/5/2023). Ziarah ke makam Guru Jason Saragih merupakan rangkaian Acara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 Kabupaten Simalungun yang dipusatkan di lapangan Kantor Bupati Simalungun.

Peringatan Hardiknas itu mengusung Tema: ‘Bergerak bersama semarakkan Merdeka Belajar’ dilaksanakan dalam suatu upacara nasional yang ditandai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan Hening Cipta, Pembacaan Teks Pancasila, dan Pembukaan UUD 1945.

Kegiatan ziarah dilakukan Bupati bersama Wakil Bupati dan Forkopimda, usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang bertajuk di halaman kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya.

“Sudah sepantasnya lah kita menghormati sang pahlawan kita, sang pelapor, dan guru pendidikan Kabupaten Simalungun. Sungguh luar biasa perjuangan Tuan Guru Jason Saragih saat itu. Kalau dulu, Tuan guru Jason mungkin sekolahnya tidak menetap, jika dibanding dengan anak-anak saat ini,” kata Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung.

Ronald mengungkapkan, Tuan Guru Jason belajar sampai ke kampung-kampung, ke huta-huta dengan jalan kaki. Namun, anak sekarang pergi sekolah naik angkot, duduk dan sampai ke sekolah.

“Dan pada tahun 1911, saya kira belum ada kendaraan bermotor saat itu, sudah sepantasnya kita menghormati sang pahlawan, sang pelapor, sang guru pendidikan Kabupaten Simalungun. Kita bayangkan perjuangan beliau (Tuan Guru Jason Saragih) pada tahun 1911, saya kira jalan dari Siantar ke Tingarunggu mungkin belum ada aspal saat itu. Mungkin masih jalan setapak saat itu,” ujar Kapolres.

BacaPertama dalam Sejarah, 1.848 Pelajar Siantar Berbalas Pantun Pakai Bahasa Simalungun

BacaMomentum HUT ke-152 Siantar, Susanti Singgung Rencana Pembangunan Monumen Raja Sangnaualuh Damanik

Maka dari itu, Ronald mengajak masyarakat untuk menjadikan perjuangan Tuan Guru Jason Saragih sebagai motivasi untuk selalu belajar,’Perjuangan Tuan Guru Jason Saragih merupakan motivasi bagi masyarakat, terutama generasi muda, untuk lebih giat belajar, lebih fokus dan lebih meningkatkan lagi gairah belajarnya’.

“Mungkin tanpa tuan guru Jason, saya kira kita akan terbelakang saat ini. Banyak sudah para pendiri Simalungun yang berhasil melalui didikan Tuan Guru Jason, termasuk juga mantan Bupati Simalungun Tuan Madja dan Bupati Radjamin Purba, itu anak didik Tuan Guru Jason,” sebut Ronald.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung foto bersama dengan para pelajar di Komplek Makam Tuan Guru Jason, pelopor dan tokoh pendidik di Simalungun, Selasa (2/5/2023).

BacaMomen Keakraban Walikota Susanti Dewayani dengan Sang Maestro Sanggar Rayantara Raminah Garingging

BacaSedih Benar, Oknum Karyawan STIK Siantar Didera Dua Musibah Sekaligus …

Saat ziarah tampak hadir Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi, mewakili Ketua PN Simalungun Amiruddin, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, sejumlah pejabat tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Simalungun, Forkopimca Raya, pengurus TP PKK, dan Dharma Wanita Persatuan Pemkab Simalungun serta para pelajar dan undangan lainnya.

Share this: