Pertama dalam Sejarah, 1.848 Pelajar Siantar Berbalas Pantun Pakai Bahasa Simalungun

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani menerima rekor dari Museum Rekor Indonesia atas penampilan 1.848 pelajar Siantar dalam berbalas pantun menggunakan Bahasa Simalungun, Kamis (24/11/2022).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebanyak 1.848 siswa SMP dan SMA se-Kota Pematang Siantar, marumpasa (berbalas pantun, red) menggunakan Bahasa Simalungun. Para pelajar itu tampil memukau dan meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia atau MURI, dalam Acara Pembukaan Gebyar UMKM yang berlangsung di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar, Kamis (24/11/2022).

Acara ini terselenggara atas kerja sama Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan, dengan Dekranasda, bertajuk Gebyar UMKM Pematang Siantar Tahun 2022, selama tiga hari, 24-26 November 2022.

“Penampilan Marumpasa Simalungun ini sebenarnya tidak layak memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atau MURI. Karena lebih layak untuk menjadi rekor dunia,” kata perwakilan MURI dari Jakarta, Lutvi Syah Pradana, yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta.

Walikota Siantar Susanti Dewayani dalam sambutannya, menyampaikan Gebyar UMKM Pematang Siantar Tahun 2022 merupakan kegiatan promosi, pemasaran, dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, khususnya di Kota Pematang Siantar.

Terkait pemecahan Rekor MURI Marumpasa Simalungun, Susanti berharap bukan sekadar seremonial. Namun, lebih bermakna untuk menggelorakan dan meyakinkan masyarakat Kota Pematang Siantar untuk mencintai produk-produk dalam negeri, dalam konteks ini, produk unggulan UMKM dan UMKM Kota Pematang Siantar.

Menurut Susanti, penciptaan dan pengembangan kegiatan ekonomi baru telah menjadi salah satu fokus perhatian bersama. Upaya tersebut diperlukan mengingat dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi nasional cenderung melambat.

Walikota Siantar Susanti Dewayani saat membaca pantun berbahasa Simalungun, dalam Acara Pembukaan Gebyar UMKM yang berlangsung di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar, Kamis (24/11/2022).

Upaya penciptaan aktivitas ekonomi baru,  dapat dilakukan antara lain melalui pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif.

“Kami ingin menggarisbawahi dua kalimat kunci, yaitu pengembangan UMKM dan IKM serta ekonomi kreatif,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, lanjut Susanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada perusahaan serta pelaku UMKM dan UMKM dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar. Karena pada 15 November 2022, lalu Pemko Pematang Siantar menerima Lencana Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan UMKM, dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Ribuan pelajar se Kota Pematang Siantar marumpasa Simalungun dalam Acara Pembukaan Gebyar UMKM yang berlangsung di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar, Kamis (24/11/2022).

BacaKetua HIPPI Siantar Dukung Pembangunan Gedung Merdeka, Tapi..

BacaPembangunan Gedung Merdeka Siantar, Pasar Baru Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Susanti berharap Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022 dapat meningkatkan kegiatan pembinaan yang menunjang kualitas pelaku usaha.

“Semoga UMKM dan IKM Kota Pematang Siantar tetap dapat berkarya dan memajukan usaha kreatif di Kota Pematang Siantar, yang pada akhirnya dapat dapat mewujudkan Pematang Sianțar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya >>>

Meningkatkan Kecintaan Produk UMKM Siantar

Share this: