Radiapoh Ungkap Lokasi Pendirian Pasar Induk Simalungun

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga pamer petai, hasil tani Simalungun. (Latar belakang gambar) Kolase pematangan lahan lokasi pendirian Pasar Induk Simalungun di Jalan Asahan Km 7, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

RAMBUNG MERAH, BENTENGSIANTAR.com– Rencana pendirian Pasar Induk Simalungun mulai menunjukkan titik terang. Tahun 2022 lalu, Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga sebenarnya sudah melontarkan program itu. Akan tetapi, Radiapoh baru memberi bocoran lokasi pendirian Pasar Induk Simalungun.

Tepat pada momen pembukaan Pasar Tani dan Bazar Pangan Panen Petani Simalungun Tahun 2024, di Lapangan Bolakaki Rambung Merah, Selasa (03/09/2024), Radiapoh mengungkapkan rencana mendirikan pasar induk berlokasi di Jalan Asahan Km 7, Kecamatan Siantar.

Radiapoh menuturkan, pendirian pasar induk merupakan salah satu program Pemkab Simalungun ke depan.  Dia menjelaskan, keberadaan pasar induk bertujuan memberi akses kepada para petani dalam memasarkan hasil pertaniannya.

Kemudian mengenai lokasi, lanjut Radiapoh, Jalan Asahan Km 7, Kecamatan Siantar, sangatlah strategis. Selain memiliki arealnya luas, posisinya persis di pinggir jalan lintas Sumatera.

“Dan, saya ingin yang mengelola kios-kios Pasar Induk, nantinya masyarakat Simalungun,” ujar Radiapoh yang disambut tepuk tangan masyarakat yang menghadiri acara Pasar Tani dan Bazar Pangan Panen Petani Simalungun Tahun 2024, di Lapangan Bolakaki Rambung Merah, itu.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga memukul gong pertanda Pasar Tani dan Bazar Pangan Panen Petani Simalungun Tahun 2024, resmi dibuka di Lapangan Bolakaki Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Selasa (03/09/2024).

BacaRadiapoh Ingin Punya Pasar Induk: Hampir 70 Persen Pedagang di Parlu Itu Orang Simalungun

BacaEmpat Kantor Camat Dibangun Baru Era Radiapoh, Dijamin Bikin Pegawai Betah

Pantauan media, Pasar Tani dan Bazar Pangan Panen Petani Simalungun Tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga. Kegiatan yang mengangkat Tema: ‘Menuju Pertanian Yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing’, itu diikuti para petani dari 32 kecamatan se-Kabupaten Simalungun.

Pasar tani dan bazar pangan berlangsung 3 hari; Selasa sampai dengan Kamis (3-5/09/2024). Dalam kegiatan itu, beragam jenis hasil pertanian Simalungun, mulai dari buah-buahan, sayuran dan umbi-umbian dipamerkan.

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga berdialog dengan petani di salahsatu stan Pasar Tani dan Bazar Pangan Panen Petani Simalungun Tahun 2024, di Lapangan Bolakaki Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Selasa (03/09/2024).

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga memamerkan salahsatu produk pertanian Simalungun dalam Kegiatan Pasar Tani dan Bazar Pangan Panen Petani Simalungun Tahun 2024, di Lapangan Bolakaki Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Selasa (03/09/2024).

Dalam acara itu, Radiapoh sempat menyinggung keluhan petani mengenai harga hasil pertanian yang sering anjlok. Menurut dia, salahsatu upaya untuk mengurangi beban petani akibat harga anjlok adalah dengan mendirikan pergudangan yang memiliki failitas semacam cold storage.

“Jadi, petani bisa menyimpan hasil pertaniannya sewaktu harga anjlok, dan menjualnya kembali ketika harga sudah mulai stabil,” imbuh Radiapoh.

Aktivitas pematangan lahan di lokasi rencana pendirian Pasar Induk Simalungun di Jalan Asahan Km 7, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. Foto ini diabadikan pada Sabtu, 18 Mei 2024, lalu.

BacaHadiri Pesta Budaya Kerja Tahun, Radiapoh: Kita akan Bangun Cold Storage di Dolok Silou

BacaDi Era Radiapoh, Parapat Bukan Hanya Pantai, Ada Harangan Girsang Paradise

Di sisi lain, Dinas PUTR Kabupaten Simalungun telah memulai pematangan lahan di lokasi rencana pendirian Pasar Induk Simalungun, di Jalan Asahan Km 7 Kecamatan Siantar, sejak Mei 2024 lalu. Dinas PUTR menurunkan alat berat untuk melakukan pemerataan lahan.

Share this: