Optimis Covid-19 Berakhir di Indonesia, Sivitas Akademika Harus Ambil Peran

Share this:
BMG
Juni Agus Simaremare MSi,  Dosen Program Studi PGSD Univ HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Selain itu, perilaku edukatif lain yang dapat dilakukan oleh civitas akademika adalah memberikan pendidikan bagaimana cuci tangan dengan sabun yang benar, olahraga ringan dengan teratur, vitamin dan dan jenis makanan yang bergizi, menjaga dan meningkatkan Imunitas.

Kedua, mengimplementasikan kebebesan akademik itu sendiri melalui kegiatan penelitian serta menghasilkan produk yang dapat menyembuhkan Covid-19. Hal itu memang hanya dapat dilakukan oleh sivitas akademika konsentrasi ilmu tertentu secara khusus, yaitu ilmu kedokteran atau ilmu kesehatan. Akan tetapi kebebasan akademik itu juga dapat dilakukan oleh sivitas akademika konsentrasi ilmu lain dalam mengedukasi masyarakat melalui tulisan yang berhubungan dengan covid-19.

Ketiga, mengimplementasikan sikap ilmiah itu sendiri melalui kegiatan eksplanatif (menerangkan tanda-tanda atau gejala covid-19), prediktif (menerangkan efek yang ditimbulkan gejala atau tanda-tanda), dan control (menerangkan bagaimana mengendalikan atau mengawal untuk terhindar dari covid-19).

BacaSering Baca Firman Tuhan, Rajin Melayani Belum Tentu Masuk Surga, Terus?

Covid-19 akan berakhir di Indonesia apabila sivitas akademika mengambil peran untuk mengimplementasikan tradisi ilmiah, kebebasan akademik, dan sikap ilmiah dengan menerapkan (1:36) atau satu orang sivitas akademika sebagai pengedukasi dengan tiga puluh enam orang masyarakat yang akan diedukasi. Salam Sehat.

Share this: