Kabar Baik, Satu PDP di Siantar dan Tiga Orang Simalungun Negatif Corona

Share this:
BMG
Ilustrasi.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kabar baik dari Siantar dan Simalungun. Satu orang warga Kota Pematangsiantar yang sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan negatif virus corona atau covid-19. Tak hanya di Siantar, tiga PDP asal Kabupaten Simalungun juga dinyatakan negatif corona. Keempat PDP itu pun sudah dipulangkan setelah menjalani isolasi dan perawatan intensif.

“Sudah pulang (satu PDP). Kurang lebih seminggu perawatan di sana (Adam Malik). Hasilnya negatif corona,” kata dr Ronald Saragih, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Siantar, kepada BENTENG SIANTAR, Selasa (24/3/2020).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Erika Silitonga menambahkan, selain adanya satu PDP yang dinyatakan negatif corona, namun terdapat satu pasien yang tengah menjalani perawatan medis di salah satu rumah sakit di Siantar sejak 23 Maret kemarin. Pasien tersebut, kata Erika, masih dalam perawatan dan pengawasan Dinas Kesehatan.

“Kalau yang di Adam Malik sudah kembali, sudah ada konfirmasi dari provinsi sama kita. Kalau yang satu masih dirawat di rumah sakit dan masih dalam pemantuan kami,” kata Erika.

Untuk mengantisipasi penyebaran corona, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar sudah mengambil tindakan, salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah ruang publik.

Posko penanganan covid-19 juga telah dididirikan di ruang data Pemko Siantar, Jalan Merdeka Siantar Barat. Di posko itu ada unsur pemerintah, TNI, Polri, dan BPBD. Kepolisian, TNI dan Satpol PP Kota Pematangsiantar juga sudah mengeluarkan imbauan penutupan sejumlah tempat hiburan dan pusat keramaian.

Kepala Satpol PP Kota Pematangsiantar Robert Samosir mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan rutin. Ia berharap para pengusaha dapat memaklumi dan memahami kondisi saat ini.

BacaEmpat PNS RSUD Siantar Melancong ke Thailand di Tengah Ancaman Corona

Di tempat terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun Wasin Sinaga menuturkan, meski ketiga PDP itu sudah dipulangkan dari RSUD Perdagangan, namun tetap menjalani pengawasan lanjutan.

“Beberapa hari dirawat, hasil pemeriksaan negatif corona. PDP sudah kosong,” tegas Wasin.

ODP di Simalungun Bertambah 64 Orang

MASIH kata Wasin, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Simalungun bertambah sebanyak 64 orang, dari 234 orang bertambah menjadi 298 orang. Dia berharap, masyarakat ikut serta membantu pemerintah mengatasi penyebaran virus corona dengan cara menghindari tempat-tempat keramaian dan membatasi diri ke luar rumah.

BacaImbas Corona, Sidang Dakwaan Gembong Narkoba Digelar Singkat di PN Siantar

Upaya pencegahan penyebaran virus corona, tambah Wasin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun sudah mengambil tindakan, seperti penyemprotan disinfektan ke sejumlah ruang publik, rumah ibadah dan ruas jalan.

Share this: