Warga Temukan 2 Ekor Orangutan, Kini Dititipkan di Taman Hewan Siantar

Share this:
BMG
Orangutan Sumatera yang ditemukan di Kabupaten Dairi dan dititipkan di Taman Hewan Pematangsiantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com – Warga Kabupaten Dairi menemukan 2 ekor Orangutan Sumatra. Keduanya ditemukan dalam kondisi sehat dan kini sudah dititipkan di Taman Hewan Pematangsiantar.

Kepada BENTENGSIANTAR.com, Manajer Taman Hewan Khoiruddin mamaparkan, kabar ditemukannya orangutan tersebut mereka ketahui setelah warga Dairi tersebut datang ke Taman Hewan dan memberitahu mereka.

“Hari Jumat minggu lalu mereka datang. Pagi datang, sore kami langsung ke Dairi,” ungkapnya, Selasa (17/7/2018).

Khoiruddin melanjutkan, saat hendak menjemput Orangutan itu, mereka terlebih dahulu berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bidang II. “Karena ini hewan yang sangat dilindungi, jadi kita koordinasi dengan BKSDA Bidang II,” jelasnya.

Saat dijemput, kondisi orangutan dalam keadaan sehat. “Waktu kita jemput, orangutan itu dikerengkeng. Dokter hewan kita juga bilang orangutan itu sehat. Warga bilang dapatnya dari hutan. Kita juga nggak tanya secara detail identitas warga itu dan kapan orangutan itu ditemukan,” ucapnya.

Untuk kedua orangutan tersebut, yang jantan berusia 3 sampai 4 tahun dan diberi nama Boncel, sedangkan yang betina berusia 8 sampai 9 tahun dan diberi nama Ina. “Awalnya orangutan hanya ada 3 di sini, tambah 2 jadi 5 ekor,” kata Khoiruddin.

Masih kata Khoiruddin, setelah dibawa ke Taman Hewan, BKSDA I dan II datang untuk meninjau. “Hari Minggu kemarin mereka datang meninjau,” ujarnya.

Sebagai lembaga konservasi, terang Khoiruddin, Taman Hewan memiliki tugas penyelamatan satwa. “Kita dapat kabar, langsung bergerak menyelamatkan satwa. Lembaga konservasi, juga sebagai tempat penitipan satwa,” bebernya.

Lebih jauh Khoiruddin menuturkan, ke depan BKSDA berencana mengambil orangutan itu dan memindahkannya ke Pusat Rehabilitasi di Sibolangit.

“Tapi kita meminta untuk tetap di Taman Hewan. Kita harap tetap di sini. Tapi kalau memang mau diambil, pimpinan kita akan meninjau tempat yang akan dituju. Sebenarnya kita rugi karena kita harus menambah pakan, menambah perhatian,” terangnya.

Dan, saat ini kedua orangutan itu dibuat di kandang berukuran 10 x 12 meter.

Share this: