Pohon Terang Tertinggi di Asia Tenggara, Ikon Siantar yang Terlupakan

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Pohon terang setinggi 33 meter di Jalan Gereja, persis di areal Kantor Biro Zending HKBP, Kota Pematangsiantar. Pohon terang ini diklaim tertinggi se-Asia Tenggara.

Sebagai contoh, sambung Bona, ketika perayaan natal, pohon terang itu bisa dihias dengan kata-kata selamat natal. Begitu juga ketika Idul Fitri. Lambang di puncak pohon terang itu juga dapat dihias dengan ornamen khas perayaan hari besar agama tertentu.

“Kalau natal, dihias dengan ornamen natal. Kalau Idul Fitri, dihias dengan ornamen Idul Fitri. Jadi itu milik semua umat. Kegiatan-kegiatan keagamaan juga bisa dilakukan di sana,” ujar bapak dua anak ini.

Dengan ketinggian mencapai 33 meter, kata Bona, masyarakat yang datang dari arah mana pun bisa melihat keindahan pohon terang itu apabila dihias dengan indah.

“Contoh lainnya, di puncak pohon terang itu bisa dihias dengan lampu bertuliskan selamat datang di Siantar dan dikelilingi ornamen seluruh agama yang ada. Jadi, ketika masuk Siantar, orang bisa lihat itu,” ujarnya.

(Baca: Begini Tanggapan Ihutan Bolon Damanik Atas Tuntutan Pemindahan Tugu Sangnaualuh)

(Baca: Begini Kekaguman Juri Philipina kepada Inggou Victory)

Bona menuturkan, apabila punya kesempatan nantinya, ia akan memperbaiki pohon terang itu sehingga bisa menjadi ikon Kota Siantar yang bisa dibanggakan.

“Sekarang, kita lihatlah bagaimana kondisinya, seperti hanya besi saja. Lampunya kadang tidak hidup,” ujar warga yang menetap di Jalan Kasuari, Kecamatan Siantar Barat ini.

Bona pun sangat mengharapkan niat dan kemauan seluruh pihak untuk memperindah pohon terang tersebut, sehingga layak menjadi ikon Kota Siantar.

Share this: