Kelurahan Martoba Raih Juara Umum MTQ Siantar Utara

Share this:
MARULITUA PARHUSIP-BMG
Kadis Perizinan Agus Salam didampingi Camat Siantar Utara Hamzah F Damanik dan Unsur Forkopimcam menyerahkan piala bergilir kepada Lurah Martoba yang tampil sebagai juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Utara, Sabtu (8/2/2020) malam.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kelurahan Martoba tampil sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 Tingkat Kecamatan Siantar Utara yang digelar pada 7-8 Februari 2020. Pengumuman kemenangan disampaikan di malam penutupan MTQ di halaman Masjid Al Ikhlas, Jalan Nagur, Kelurahan Martoba, Sabtu (8/2/2020) malam.

Walikota Siantar Hefriansyah, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas (Kadis) Perizinan Agus Salam mengatakan, MTQ bertujuan menyiarkan seni baca Alquran dan pemahaman isi kandungan Alquran kepada seluruh lapisan masyarakat di Kota Pematangsiantar, juga mewujudkan masyarakat yang cinta membaca Alquran. Diterangkan, di masa kepemimpinan Walikota Hefriansyah, terus digalakkan pelaksanaan Salat Subuh keliling berjamaah.

“Untuk itu, saya meminta kepada masyarakat, khususnya umat Muslim, mari kita bersama-sama mewujudkan program tersebut. Kepada seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar, yang paling penting program yang harus dilaksanakan adalah masalah kebersihan. Untuk itu, mari kita bergandeng tangan untuk menjaga kebersihan di lingkungan kita masing-masing. Karena benar pepatah bilang, kebersihan adalah sebagian dari iman,” ucapnya.

Ucapan selamat disampaikan kepada Qori dan Qoriah yang meraih juara. Namun, ia berpesan agar jangan terus berbangga hati karena keberhasilan ini adalah awal untuk meraih keberhasilan yang lebih tinggi. Kepada Qori dan Qoriah diminta terus berlatih agar dapat meraih prestasi pada ajang yang lebih tinggi, seperti MTQ Tingkat Kota Pematangsiantar maupun Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Sedangkan kepada Qori dan Qoriah yang belum mendapatkan juara, jangan berkecil hati. Ia berpesan jadikanlah kegagalan ini sebagai motivasi untuk meraih prestasi di masa akan datang.

“Teruslah berlatih, asah terus kemampuan Anda untuk tahun-tahun yang akan datang,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Siantar Utara Hamzah F Damanik dalam sambutannya mengatakan, sebanyak 267 Qori dan Qoriah mengikuti MTQ sebagai perwakilan dari tujuh kelurahan yang ada di Kecamatan Siantar Utara. Ia menyampaikan, para pemenang 1 dan 2 dari setiap kategori, akan mewakili Kecamatan Siantar Utara di MTQ Tingkat Kota Pematangsiantar.

Menurut Hamzah, ajang dan kegiatan keagamaan yang terlihat meriah ini telah lama dinantikan warga Kecamatan Siantar Utara.

“Maka dari itu, saya meminta kepada warga, mari kita saling bersinergi dan bahu-membahu untuk kemajuan Kecamatan Siantar Utara ini, dan mari kita saling mendukung program Pemerintah Kota Pematangsiantar yang Semakin Mantap, Maju, dan Jaya,” ajaknya.

Kepada para juara, diingatkan agar jangan berbangga dulu, karena perjuangan belum berakhir. Sebab setelah berhasil menjadi juara di MTQ Kecamatan, masih ada even yang lebih besar, yakni MTQ Tingkat Kota Pematangsiantar.

“Saya mengharapkan kepada Qori dan Qoriah teruslah berlatih dan bekerja keras untuk mencapai prestasi dengan lebih maksimal, sehingga nantinya Kecamatan Siantar Utara meraih juara umum di MTQ Tingkat Kota Pematangsiantar,” pintanya.

BacaPeringatan Isra Miraj di MDA Al Ridho, Pencerahan Agama Islam Sejak Usia Dini

Disampaikan, Kelurahan Martoba meraih juara umum dengan memeroleh nilai tertinggi 66 poin. Peringkat kedua Kelurahan Sukadame dengan nilai 30 poin, dan Kelurahan Sigulang-gulang dengan nilai 29 poin meraih peringkat ketiga. Selanjutnya, disusul Kelurahan Melayu, Baru, Kahean, dan Bane.

Di akhir acara, Kadis Perizinan Agus Salam bersama Camat Siantar Utara Hamzah F Damanik dan para Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Siantar Utara, serta Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Siantar Utara, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Siantar Utara, para lurah se-Kecamatan Siantar Utara, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, panitia, serta Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al Ikhlas, menyerahkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan kepada Qori dan Qoriah yang meraih prestasi.

BacaMemohon Doa Semoga Layanan PDAM Tirtauli Lebih Baik Lagi

Selanjutnya, diserahkan piala bergilir kepada Lurah Martoba yang tampil sebagai juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Utara. Kemudian, diadakan penarikan undian lucky draw dengan hadiah menarik, seperti voucher Umroh untuk 10 orang, dan dispenser, kipas angin, serta lainnya.

Share this: