Lima Orang ‘Warga’ Siantar Positif Corona, Empat Diisolasi di Rumah

Share this:
BMG
Pj Sekda Kota Pematangsiantar Kusdianto (3 kanan) saat berada di Jalan Farel Pasaribu Pematangsiantar, Sabtu (4/4/2020). Selain melakukan tracking terhadap keluarga PDP positif corona, juga dilakukan penyemprotan disinfektan di kawasan permukiman penduduk Jalan Farel Pasaribu Pematangsiantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Jumlah warga terpapar virus corona atau Covid-19 di Kota Pematangsiantar, bertambah empat orang, dari sebelumnya satu orang kini menjadi lima orang. Empat diantaranya menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kelima warga terpapar virus corona tersebut masih berstatus satu keluarga. Mereka adalah berinisial SJS (44), istrinya dan tiga anggota keluarganya, yang belakangan diketahui bermukim di Jalan Farel Pasaribu, Lapangan Bola Bawah, Kelurahan Parhorasan Nauli, Siantar Marihat.

Menurut penjelasan Walikota Siantar Hefriansyah, warga berinisial SJS tersebut diketahui positif corona setelah mendapat informasi dari RSUP Adam Malik, yang sebelumnya telah melakukan pemeriksaan darah terhadap pria berusia 44 tahun tersebut. Dikatakan Hefriansyah, setelah dinyatakan positif, SJS diisolasi di RSUD dr Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar.

Selanjutnya, Tim Gugus Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Pematangsiantar bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan tracking terhadap keluarga pasien positif Corona di Jalan Farel Pasaribu, Kelurahan Parsaoran Nauli, Kecamatan Siantar Marihat, Sabtu (4/4/2020). Tracking dilakukan terhadap keluarga serta pengambilan sampel lima orang anggota keluarga dari pasien positif corona.

“Kelima orang yang diambil sampelnya adalah istri dan anggota keluarga pasien positif corona, karena kelimanya masuk pada Kelompok Kontak Erat Risiko Tinggi,” kata Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto, didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Midian Sianturi, Kasatpol PP Robert Samosir, Kadis Kesehatan dr Ronald Saragih, dan Camat Siantar Marihat Robert Sitanggang SSTP, di Jalan Farel Pasaribu Pematangsiantar, Sabtu (4/4/2020).

BacaSatu Warga Siantar Positif Corona, Sempat Dirawat di RSUP Adam Malik

Dikatakan Kusdianto, berdasarkan pemeriksaan menggunakan rapid test, dari lima orang yang diambil sampelnya, terdapat empat orang dinyatakan positif terpapar virus corona. Sekarang, empat orang ini akan menjalani isolasi diri di rumah. Namun tetap dalam pengawasan petugas dari Dinas Kesehatan Pematangsiantar.

“Kondisi kesehatan mereka akan dipantau setiap hari,” kata Kusdianto.

Lebih lanjut Kusdianto, selain tracking, Pemko Pematangsiantar juga melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan permukiman warga Jalan Farel Pasaribu.

BacaViral Kedatangan Petugas Medis di Lapangan Bola Bawah, Sempat Dikira Penjemputan

Dalam kesempatan itu, Kusdianto berharap kerja sama masyarakat dengan mengikuti arahan pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, seperti melakukan pola hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan, hindari berjabat tangan dan berpelukan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Share this: