Berkunjung ke Dolok Sanggul, Satu Warga Siantar Positif Corona

Share this:
BMG
Ilustrasi. Satu warga Siantar berinisial FP sesuai hasil rapid test dinyatakan positif corona.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Satu orang warga Kota Pematangsiantar kini menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau covid-19 di Rumah Sakit GL Tobing Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Lewat rapid test, pasien berinisial FP itu dinyatakan positif corona.

Sebelum mengalami gejala corona, pasien berusia 47 tahun itu berkunjung ke kediaman adiknya berinisial EP di Desa Sosor Gonting, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

“Pada tanggal 18 Maret 2020, yang bersangkutan (FP) dengan anaknya berkunjung ke rumah adiknya EP,” tulis Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, di akun facebooknya, Minggu (5/4/2020).

Lalu, sambung Dosmar, pada 19 hingga 20 Maret 2020, FP mengalami gejala flu, nyeri sendi dan nyeri tulang.

“Tanggal 21 Maret 2020, yang bersangkutan berobat ke RSUD Doloksanggul melalui UGD dengan keluhan: batuk, sakit tenggorokan, sesak,” ungkap Dosmar.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter jaga UGD, sambung Dosmar, didapati adanya Tonsil Hiperemis.

“Didiagnosa ISPA dan ODP. Dokter UGD memberikan terapi setelah berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Paru. Selanjutnya, diedukasi untuk isolasi mandiri di rumah dari tanggal 21 Maret hingga 3 April 2020,” jelas Dosmar.

BacaLima Orang ‘Warga’ Siantar Positif Corona, Empat Diisolasi di Rumah

Kemudian, kata Dosmar, pada 4 April 2020, Tim Rapid Test Kabupaten Humbang Hasundutan melakukan rapid test covid-19 kepada FP dan hasilnya positif.

“Selanjutnya, dilakukan juga pemeriksaan foto thorax dan darah rutin sebagai syarat pendukung untuk melakukan rujukan ke rumah sakit rujukan covid-19. Dari hasil pemeriksaan tersebut, maka dokter Spesialis Paru RSUD mendiagnosa pasien menjadi pasien dalam pengawasan (PDP),” terangnya.

BacaSatu ‘Warga’ Siantar Positif Corona, Sempat Dirawat di RSUP Adam Malik

Dan pada 4 April 2020 sekira pukul 18.30 WIB, tambah Dosmar, pasien sudah dirujuk ke Rumah Sakit GL Tobing di Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Share this: