Basarin Gantikan Kusdianto Jadi Penjabat Sekda Siantar

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Basarin Yunus Tanjung memberi salam kepada Wakil Walikota Togar Sitorus usai acara pelantikan dirinya menjadi Pj Sekda Siantar, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Pematang Siantar, Kamis (28/5/2020) pagi.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kabiro Otda Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) Basarin Yunus Tanjung ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar. Basarin menggantikan posisi Kusdianto.

Basarin sudah resmi menjadi Pj Sekda setelah dilantik Wakil Walikota Siantar Togar Sitorus, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Rabu (28/5/2020) pagi. Pelantikan Basarin berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara, bernomor:823.21/1643/2020, tertanggal 22 Mei 2020, tentang Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Pematang Siantar.

Dalam kesempatan itu, Togar menyampaikan, pelantikan Pj Sekda itu dilakukan mengingat kekosongan jabatan Sekda. Kemudian, dalam rangka memenuhi amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah dan Permendagri Nomor 91 Tahun 2019 tentang Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah.

Togar menjelaskan, jabatan Sekda di masa pandemi virus corona atau covid-19 ini memiliki posisi sebagai Wakil Ketua VI Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kota Pematang Siantar.

“Oleh sebab itu, besar harapan saya, agar saudara (Basarin) dapat melaksanakan tugas dan fungsi Penjabat Sekretaris Daerah dengan sebaik-baiknya. Terlebih dalam menjalin hubungan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh perangkat daerah, termasuk dalam rencana pelaksanaan seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah dan dalam optimalisasi langkah-langkah penanganan pandemi covid-19,” paparnya.

BacaLengser dari Sekda Siantar, Budi Utari ‘Parkir’ di Satpol PP

Togar juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kusdianto yang telah menjalankan tugas serta tanggungjawab sebagai Pj Sekda.

Menanggapi pergantian itu, Kusdianto menilai, dalam pemerintahan, pergantian jabatan adalah hal biasa dan lumrah.

“Saya mohon maaf kalau ada banyak kekurangan selama menjalankan roda pemerintahan sebagai Pj Sekda. Tapi, saya sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik,” katanya.

BacaBudi Utari Ingin Kembali Jadi Sekda Siantar, Kusdianto Tak Ambil Pusing

Kusdianto juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Siantar yang telah memberikan amanat kepadanya selama 7 bulan.

“Banyak pengalaman baru yang saya dapatkan,” pungkasnya.

Share this: