58 Rumah Terendam, 3 Rusak, Warkop Hanyut Terbawa Arus Banjir di Tanjung Tongah

Share this:
BMG
Sejumlah warga Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, sedang sibuk membersihkan lumpur sisa banjir, Minggu (12/7/2020). 

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Salah satu titik banjir terparah pada Sabtu (11/07/2020) malam, terdapat di Jalan Tambun Barat, Pondok Legok, Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar.

Sedikitnya, 58 unit rumah terendam banjir. Satu unit bangunan warung kopi (warkop) dan sarapan pagi, yang terbuat dari bahan bambu beratap rumbia, hanyut terbawa arus banjir.

Dari 58 unit rumah yang terendam air, 3 rumah diantaranya mengalami kerusakan parah, seperti dinding rumah terbuat dari papan jebol diterjang banjir.

Lurah Tanjung Tongah Henri Gunawan Purba, kepada BENTENG SIANTAR, Minggu (12/07/2020), melaporkan, tiga keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan parah, untuk sementara mengungsi ke rumah saudaranya.

Henri menuturkan, untuk mengurangi beban warga, pihak Kelurahan Tanjung Tongah, bekerja sama dengan pihak Kecamatan Siantar Martoba, Dinas Lingkungan Hidup, Sat Pol PP, BPBD Kota Siantar bersama warga melakukan gotong royong untuk membersihkan permukiman warga yang terkena banjir.

Walikota Siantar Hefriansyah turun ke lokasi memimpin gotong royong membersihkan material sisa banjir di Kelurahan Tanjung Tongah, Siantar Martoba, Minggu (12/7/2020).

Aksi gotong royong di lokasi banjir langsung dipimpin Walikota Siantar Hefriansyah dengan memakai fasilitas mobil pemadam kebakaran (damkar). Seluruh rumah warga yang terendam banjir dibersihkan, dengan menggunakan semprotan air dari mobil damkar.

BacaBanjir Landa Siantar, Puluhan Rumah Terendam, Pengendara Tewas Terseret Arus

Selain itu, Lurah Tanjung Tongah mengatakan, Pemko Siantar melalui pihak kelurahan bersama warga yang peduli, telah menyediakan makanan sarapan pagi, makan siang, dan untuk makan malam pada Minggu (12/07/2020).

“Untuk kebutuhan makanan warga korban banjir, BPBD telah mendirikan dapur umum,” ujar Henri, yang masih terus berada di lokasi banjir guna mendampingi dan melayani warganya yang sedang berduka.

Lurah Tanjung Tongah Henri Gunawan Purba didampingi Babinsa menyerahkan bantuan sembako kepada warga korban banjir, Minggu (12/7/2020).

BacaRatapan Istri Korban Tewas Terseret Banjir di Tanjung Pinggir: Dungo Ho, Hasian..

Selain mendirikan dapur umum, Pemko Siantar melalui Puskesmas Pembantu (Pustu) Tanjung Tongah melakukan pengobatan gratis terhadap warga di posko banjir yang disediakan Lurah Tanjung Tongah.

“Sejumlah warga, tadi langsung mendapatkan pelayanan medis. Baik yang mengalami luka, demam dan lainnya. Disuntik juga,” ucap Henri.

Share this: