Ingat Leluhur dan Sejarah Siantar, Asner-Susanti Ziarah ke Jorat Sangnaualuh

Share this:
BMG
Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Siantar Asner Silalahi-Susanti Dewani bersama ahli waris Kerajaan Siantar berziarah ke Jorat Raja Siantar Sangnaualuh Damanik, Jumat (16/10/2020) pagi.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Sebagai bentuk penghormatan terhadap Raja Siantar dan sejarah Simalungun, pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Siantar Asner Silalahi-Susanti Dewayani berziarah ke Jorat Raja Siantar Sangnaualuh Damanik, di Jalan Pamatang, Kelurahan Simalungun, Kecamatan Siantar Selatan, Jumat (16/10), sekira pukul 07.00 WIB.

Rombongan disambut langsung oleh ahli waris Kerajaan Siantar Mayor (Purn) Tn Koster Damanik, Tn Sarmahita Damanik SH, Tn Rahmat Efendi Damanik ST, dan Tn Roni Damanik.

Sebelum ziarah, Ny Tn Sarmahita Rosliana Sitanggang terlebih dahulu mengisahkan sejarah Kerajaan Siantar. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan adat dan diakhiri dengan ziarah ke makam Raja Sangnaualuh.

Ahli Waris Mayor (purn) Tn Koster Damanik mengaku bangga atas kedatangan Asner dan Susanti.

“Suatu kebanggaan bagi kami atas kedatangan ini,” kata Koster.

Koster melanjutkan, dalam kehidupan, janganlah pernah melupakan sejarah.

“Karena ada istilah Jas Merah, jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Kalau kita senantiasa mengingat sejarah, berarti hidup kita bisa tidak sombong. Kita mengerti siapa hidup kita ini,” ujarnya.

Koster menambahkan, kedatangan Asner-Susanti merupakan bentuk sikap menghargai sejarah, yakni sejarah Sangnaualuh yang dulunya memimpin Siantar. Dia sendiri mengaku bersyukur, bersukacita, dan merasa sangat dihargai.

“Dengan adanya acara ini kami juga memiliki tanggung jawab. Saya yakin semua keluarga kami mendukung apa yang menjadi cita-cita pak Asner dan Bu Susanti. Kami siap membantu semaksimal mungkin,” ucap Koster.

Tn Koster juga memesankan hal yang sangat menonjol dan perlu diperhatikan di Siantar kepada Asner, salah satu contohnya pembangunan Tugu Sangnaualuh yang masih mangkrak.

BacaAsner-Susanti Silaturahmi ke PD Muhammadiyah: Tetap Jaga Toleransi

Sementara itu, Asner menyampaikan rasa terimakasihnya kepada keluarga Sangnaualuh atas sambutan yang luar biasa, termasuk penyematan pakaian adat. Asner mengaku sangat tertarik mendengar sejarah Raja Sangnaualuh.

“Kami begitu bangga,” kata Asner.

BacaJelang Pilkada Siantar, Pomparan Raja Silahi Sabungan Berangkatkan Asner Silalahi

Perjuangan Raja Sangnaualuh, kata Asner, patut dihargai. Asner yakin, banyak pesan yang ditinggalkan Raja Sangnaualuh untuk kehidupan lebih baik bagi masyarakat Kota Siantar.

“Saya tertarik akan sejarah Raja Sangnaualuh dan nanti akan kita gali lebih dalam peninggalannya. Semua itu perlu dibenahi agar generasi muda tidak lupa akan sejarah,” ujarnya.

Share this: