Dua Punggawa Kolom Kosong Putar Haluan, Dukung Asner-Susanti

Share this:
BMG
Eks Pendukung Kolom Kosong Siantar menyatakan sikap mendukung pasangan Asner Silalahi-Susanti Dewayani jadi Walikota dan Wakil Walikota Siantar, Senin (30/11/2020).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Pendiri Gerakan Kolom Kosong (Koko) Kota Pematang Siantar Jimmy Elison Masito Purba dan Pembina Robin Samosir putar haluan.

Kini, Jimmy dan Robin tak lagi mendukung pemenangan kolom kosong di Pilkada Siantar tahun 2020. Keduanya sudah menyatakan sikap untuk menjadikan pasangan calon tunggal Asner Sialahi-Susanti Dewayani menjadi Walikota dan Wakil Walikota Siantar 2020.

Deklarasi dukungan itu dinyatakan Jimmy dan Robin bersama puluhan warga lainnya di Patarias Coffee, Jalan Sangnaualuh, Kecamatan Siantar Timur, Senin (30/11/2020).

Mereka yang kini menjadi barisan eks Pendukung Koko menyatakan sikap setelah terlebih dahulu memperhatikan hal-hal yang berkembang dan dinamika politik yang ada di Siantar.

Hal-hal tersebut yakni, pertama, saat ini, Siantar memerlukan sentuhan percepatan pembangunan. Sehingga, diperlukan seorang kepala daerah yang dipilih langsung oleh rakyat dan memiliki kewenangan penuh dalam mengambil kebijakan strategis.

Kedua, jika Koko menang, maka Siantar akan dipimpin penjabat (Pj) Walikota yang dihunjuk oleh Gubernur atas persetujuan Mendagri yang sifatnya hanya sementara dan bisa diganti sewaktu-waktu. Hal ini tentu mengakibatkan ketidakfokusan dalam menjalankan pembangunan dan pemerintah.

BacaUntung Rugi Calon Tunggal Melawan Kolom Kosong di Pilkada

Ketiga, jika Koko menang, maka Siantar akan sulit menyusun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disusun lima tahunan dan juga Rencana Kerja Tahunan (RKT). Padahal, ini adalah bagian yang sangat penting karena menyangkut kepentingan masyarakat dan kota.

“Keempat, jika Koko menang, maka kami khawatir Pj Walikota nantinya akan patuh kepada Gubsu daripada rakyat melalui perwakilannya yang ada di DPRD Pematang Siantar,” kata Barisan Eks Koko dalam pernyataan sikapnya.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: