Longsor di Bah Kapul Siantar, Satu Unit Mobil Ringsek Tertimbun

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani saat meninjau lokasi longsor di Jalan Viyata Yudha Kelurahan Bah Kapul Kecamatan Siantar Sitalasari, Selasa (1/11/2022).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Musibah longsor landa permukiman warga di Jalan Viyata Yudha, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar. Sedikitnya tiga rumah warga terkena dampak. Dan, satu unit mobil Toyota Innova milik warga bernama Marlon Damanik, mengalami ringsek.

Musibah longsor itu terjadi pada Jumat (28/10/2022) malam, sekira pukul 21.30 WIB, lalu. Hujan deras mengguyur mengakibatkan bangunan tembok penahan rubuh.

Informasi dihimpun, tiga rumah terdampak longsor masing-masing milik Marlon Damanik, Yahya Damanik, dan Sofian.

Dari pantauan BENTENG SIANTAR pada Rabu (2/11/2022), sejumlah warga masih harus membersihkan sisa material longsor yang sempat masuk ke dalam pekarangan dan rumah.

Sehari sebelumnya, Selasa (1/11/2022), Walikota Siantar Susanti Dewayani datang meninjau longsor. Susanti juga menemui para korban dan menyerahkan bantuan sembako kepada warga setempat.

BacaLongsor Parapat, Tukang Peti Mati Itu Rela Hilang Nyawa Demi Istri dan 3 Anaknya

BacaTembok Bangunan Katolik di Parapat Ambruk, Tiga Orang Tewas Tertimpa Reruntuhan

Meski Susanti sudah datang, namun belum ada upaya pemerintah kota untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan. Material longsor juga masih dibiarkan berserak di depan rumah warga.

Sejumlah rumah nyaris tertimbun material longsor di Jalan Viyata Yudha, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari.

“Kalau hujan terus ini pasti longsor lagi,” kata warga setempat dengan rasa cemas.

Warga pun merasa was-was. Sebab, belakangan ini, hampir setiap hari hujan. Masyarakat takut mereka akan menjadi korban dari material longsor tersebut.

Menanggapi hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Siantar Robert Samosir mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan perbaikan longsor itu ke Walikota Susanti.

“Sudah diusulkan itu ke walikota,” kata Robert.

BacaTembok Bangunan Katolik di Parapat Ambruk, Tiga Orang Tewas Tertimpa Reruntuhan

BacaLilis: Posisi Tanah Saya Dibentengi Gunung, Tak Mungkin Airnya Melompat ke Parapat

Robert berharap, dalam waktu dekat, longsor tersebut dapat diatasi.

Diketahui, musibah longsor juga terjadi di Jalan Siak, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara.

Share this: