IWO Siantar Apresiasi Budaya Uji Publik Perumda Tirtauli

Share this:
BMG
Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Pematang Siantar, Jon Roi Tua Purba.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kegiatan sosialisasi dan konsultasi publik atas hasil Real Demand Survey (RDS) dan Willingness To Pay (WTP) Perumda Tirtauli Kota Pematang Siantar, yang digelar dengan bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Universitas Simalungun (LPM USI), pada Senin 20 Februari 2023, di Convention Hall Siantar Hotel, mendapat apresiasi dari Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Pematang Siantar, Jon Roi Tua Purba.

Menurut pria yang akrab disapa Jon Roi ini, apa yang dilakukan Perumda Tirtauli tersebut sebenarnya bukan hal yang luar biasa, tetapi bertahun belakangan sudah nihil dilakukan oleh pihak-pihak yang berhubungan dengan proses pembuatan kebijakan di kota ini.

Idealnya, hal semacam ini biasa dilakukan sebelum mengambil sebuah kebijakan, apalagi jika kebijakan yang akan diambil berpengaruh besar terhadap publik atau masyarakat.

“Proses pengambilan kebijakan setidaknya dimulai dari sebuah kajian ilmiah yang melihat potensi dan dampak dari sebuah kebijakan. Kebijakan publik idealnya harus menjawab kebutuhan masyarakat. Oleh karena itulah perlu dilakukan kajian secara ilmiah untuk melahirkan kebijakan,” kata Jon Roi.

Karena itu, sambung Jon Roi, kembali kepada apa yang dilakukan oleh Perumda Tirtauli Pematang Siantar, adalah praktik baik dalam merumuskan kebijakan. Dengan demikian, para pengambil kebijakan, khususnya di Perumda Tirtauli mempunyai data yang cukup sebagai pertimbangan mengambil kebijakan.

Dalam pandangannya, apa yang dilakukan Perumda Tirtauli itu merupakan sebuah uji publik sebelum merumuskan dan mengeksekusi menjadi sebuah kebijakan, yang dapat mengukur dampaknya kelak jika telah diimplementasikan.

“Kebiasaan seperti ini seharusnya membudaya di lingkungan pemerintah daerah dalam hal ini Pemko Siantar. Sehingga, kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan kepada publik, karena kebijakan itu dari proses yang benar dan teruji secara ilmiah,” ujar Jon Roi.

BacaTop! Tirtanadi pun Kalah, Perumda Tirtauli Siantar Jadi BUMD Air Minum Terbaik di Sumut

BacaPerumda Tirtauli Produksi Air Mineral Kemasan ‘Uli’, Dapat Diminum di Mana dan Kapan Saja

Sekali lagi, kata Jon Roi, praktik baik ini harus ditularkan kepada seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemko Pematang Siantar. Ruang publik seharusnya dibuka seluas-luasnya untuk menjawab permasalahan masyarakat dan memenuhinya dalam kebijakan kebijakan.

Halaman Selanjutnya >>>

Peran Pers atas Kebijakan Pemerintah

Share this: