Marak! Penyakit Gondongan Melanda Anak-anak di Siantar

Share this:
BMG
Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar menyikapi maraknya penyakit gondongan melanda anak-anak di Kota Pematang Siantar.

Waspada Cacar Monyet

Irma juga mengimbau agar masyarakat Kota Pematang Siantar mewaspadai penyakit cacar monyet (MonkeyPox/mpox). Melalui Surat Edaran (SE) Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar Nomor: 400.7.23.4/12012/DKK/X/2023 Tanggal 25 Oktober 2023, kewaspadaan juga dilakukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas, rumah sakit (RS), dan klinik.

Sedangkan, kepada seluruh direktur RS, Kepala Puskesmas, pimpinan klinik, pimpinan laboratorium, praktik dokter spesialis, dokter umum, serta praktik bidan mandiri untuk memantau perkembangan situasi dan informasi mpox melalui sejumlah kanal resmi.

Kemudian, meningkatkan kewaspadaan dini dengan melakukan penemuan kasus di fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk di instalasi gawat darurat.

Selanjutnya, meningkatkan kewaspadan dan pro aktif untuk menemukan kasus; memantau dan melaporkan kasus yang ditemukan sesuai dengan definisi operasional secara berjenjang ke Dinas Kesehatan provinsi/kabupaten/kota dan Dirjen P2P; memperkuat kewaspadaan standar dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi di fasyankes; serta meningkatkan kemampuan pelayanan rujukan pada RS jejaring pengampuan pelayanan penyakit infeksi emerging.

BacaKurang Yakin Istri Oknum Polisi di Siantar Akhiri Hidup Karena Beban Kerja

BacaNovember 2023, Realisasi Pengadaan Barang dan Jasa UMKM Capai Rp221,49 Triliun

Selanjutnya, menyebarluaskan informasi tentang mpox kepada petugas dan masyarakat; dan meningkatkan komunikasi resiko sesuai pedoman, terutama menyasar kelompok berdasarkan temuan kunci.

“Terakhir, jika ditemukan kasus segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan,” tukasnya.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: