Kick Off Meeting Kajian Kerentanan Sumber Daya Air terhadap Perubahan Iklim di Siantar-Simalungun

Share this:
BMG
USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (@airsanitasi), bersama mitranya, melaksanakan Kick Off Meeting Kajian Kerentanan Sumber Daya Air terhadap Perubahan Iklim di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Kamis (29/2/2024).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (@airsanitasi), bersama mitranya, melaksanakan kick off meeting Kajian Kerentanan Sumber Daya Air terhadap Perubahan Iklim di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Kamis (29/2/2024).

Hal itu dilakukan untuk memastikan pasokan sumber air yang berkualitas di Daerah Aliran Sungai (DAS) serta potensinya sebagai sumber daya air dalam menghadapi perubahan iklim.

Kick off meeting ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan, termasuk perangkat daerah Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Walikota Pematangsiantar yang diwakili oleh Plh Sekretaris Daerah, Happy Oikumenis Daely.

Kajian direncanakan akan dilakukan di DAS Bah Hapal dan Bah Bolon, dengan fokus wilayah kajian pada mata air dan kawasan imbuhannya dari titik pengambilan mata air ke hulu, yang dimanfaatkan oleh Perumda Air Minum Kota Pematangsiantar (Perumda Tirta Uli) dan PDAM Tirta Lihou milik Kabupaten Simalungun.

BacaKantor PDAM Tirta Lihou Simalungun Digeledah, Ruangan Dirut Disegel

BacaTop! Tirtanadi pun Kalah, Perumda Tirtauli Siantar Jadi BUMD Air Minum Terbaik di Sumut

Hasil kajian nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk merumuskan dan mengembangkan rencana aksi konservasi DAS, dan rencana adaptasi perubahan iklim, sehingga keterjaminan pasokan air baku di kedua wilayah ini dapat terus berlangsung.

Jajaran USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (@airsanitasi), bersama mitranya Perumda Tirta Uli dan PDAM Tirta Lihou, Kamis (29/2/2024).

BacaParah! Katup Pipa Air Perumda Tirtauli Siantar Kembali Hilang Dicuri

BacaPerumda Tirtauli Siantar Beri Kemudahan Cek Tagihan Air Minum, Segera Daftarkan WA Anda!

Melalui kegiatan kick off meeting ini, para peserta diberikan pengetahuan tentang perubahan iklim dan sumber daya air dan informasi, yang melingkupi maksud, tahapan, sasaran dan tujuan WRCCVA, serta awalan dari kegiatan WRCCVA agar dapat menghasilkan beberapa data, informasi, dokumen kajian, serta rekomendasi.

Share this: