Simulasi Pencoblosan Surat Suara Pemilu, MP: Kalau Ada yang Robek, Ganti!

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Mangapul Purba saat melakukan simulasi pencoblosan kertas suara pemilu yang berlangsung di Kantor PAC Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Rabu (27/3/2019).

UJUNG PADANG, BENTENGSIANTAR.com– Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumatera Utara (Sumut) Mangapul Purba menggelar simulasi pencoblosan surat suara di Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Rabu (27/3/2019). Kegiatan itu sejalan dengan konsolidasi Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Ujung Padang.

Hadir di acara itu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Djarot Saiful Hidayat, Ketua PAC Kecamatan Ujung Padang Mariono, dan ratusan masyarakat.

Dalam simulasi itu, ada 15 orang masyarakat yang mengikutinya. Sebanyak 10 perempuan dan 5 laki-laki. Mereka diberikan masing-masing 3 surat suara, yakni DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten atau kota.

Warga tampak antusias mengikuti simulasi pencoblosan surat suara pemilu di sela-sela acara konsolidasi PAC PDIP Ujung Padang, Rabu (27/3/2019).

Masyarakat terlihat sangat antusias mengikutinya. Mereka berlomba untuk turut serta dalam simulasi itu.

BacaMP: Pilihlah Partai Politik Yang Secara Rahimiah Melahirkan Jokowi

Dari 15 peserta, keseluruhan mencoblos dengan benar. Mereka memilih Djarot untuk DPR RI, Mangapul untuk DPRD Sumut, dan Mariono untuk DPRD Simalungun.

Namun, ada satu surat suara yang robek.

“Semua mencoblos dengan benar. Tapi, ada satu yang robek. Ini bisa saja (suaranya) menjadi tidak sah,” ujar Mangapul.

BacaMP: Keberpihakan Wong Cilik Diimplementasikan Jokowi Dalam Nawacitanya

Untuk itu, Mangapul mengimbau agar masyarakat langsung mengganti ketika menerima surat suara yang robek pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Kalau dapat yang robek, langsung diganti,” ujar calon legislatif (caleg) DPRD Sumut nomor urut 1 dari PDIP ini.

Share this: