Komentar Tim Gugus Pusat Soal Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Simalungun

Share this:
BMG
Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat (4 kanan depan) foto bersama Tim Gugus Tugas Simalungun di Posko Tanggap Darurat Covid-19, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Selasa (26/5/2020).

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Diases (Covid-19) Pusat Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Simalungun, Selasa (26/5/2020). Kedatangannya ingin melihat langsung sejauh mana percepatan penanganan yang dilakukan daerah, termasuk soal keberadaan Rumah Sakit Darurat Fasilitas Khusus Covid-19 yang dibangun Pemkab Simalungun.

Kedatangan Tim Gugus Tugas Pusat disambut Wakil Ketua Gugus Tugas Kabupaten Simalungun Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, Sekretaris Mixnon Andreas Simamora, plt Kepala BPBD Rizal EP Saragih, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Humas Akmal Siregar, Kadis Perhubungan Rony Butarbutar, dan Kasatpol PP Simson Tambunan. Saat tiba di Posko Tanggap Darurat Covid-19, Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap langsung mengadakan pertemuan di Ruang Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalop).

Usai pertemuan, Darlan Harahap kepada wartawan mengatakan, secara umum sebagaimana telah dijelaskan Sekretaris Gugus Tugas Simalungun Mixnon Andreas Simamora, apa yang telah dilaksanakan mulai dari pencegahan dan penanganan sudah dilaksanakan secara terpadu sejalan dengan arahan pemerintah pusat. Oleh karenanya, dia berharap Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Simalungun senantiasa mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam setiap beraktifitas guna memutus penyebaran mata rantai Covid-19.

“Karena hal itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai aparat,” ujarnya.

BacaRumah Sakit Covid-19 Simalungun Resmi Beroperasi, Dilengkapi Alat Swab Test

Sebelumnya, Sekretaris Gugus Mixnon Simamora menyampaikan bahwa dalam rangka pencegahan, penyebaran, dan penanganan Covid-19, pihaknya telah menyiapkan tiga rumah sakit, dan 1 Rumah Sakit Darurat Fasilitas Khusus Covid-19.

“Beliau memberikan apresiasi atas tindakan dan penyiapan sarana. Beliau melanjutkan, kita memang harus berpikirnya pada situasi jika kondisi itu terjadi kita sudah siap, dibandingkan jika situasi itu benar-benar terjadi kita baru akan berfikir untuk bertindak, maka akan menjadi lain situasinya,” ungkap Mixnon menirukan komentar Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap soal pencegahan dan penanganan Covid-19 di Simalungun.

“Dalam penanganan situasi seperti ini, kecepatan dan ketepatan tindak, dalam rangka keselamatan masyarakat harus diutamakan,” kata Mixnon masih menirukan komentar Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap.

BacaSakit Sepulang dari Medan, Hasil Swab Test Orang Balimbingan Positif Corona

Mixnon menambahkan, dalam situasi seperti untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pihaknya telah melakukan pemeriksaan rapid test kepada warga di tiap kecamatan.

Share this: