Benteng Siantar

Selamat! Tapian Dolok Juara Umum MTQN ke-46 Simalungun

Para juara foto bersama usai menerima piala pada Acara Penutupan MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun, bertempat di Gedung MUI, Sabtu (22/8/2020).

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun yang berlangsung di Gedung MUI Simalungun, sejak Kamis sampai dengan Sabtu (20-22/8/2020), secara resmi telah ditutup oleh Bupati Simalungun, Sabtu (22/8/2020).

Sesuai Keputusan Dewan Hakim MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun Tahun 2020 Nomor:03/DH/MTQN-46/KS 2020, dibacakan oleh Mara Timbul Daulay, sebagai juara umum Kecamatan Tapian Dolok.

Atas pencapaian itu, maka Kecamatan Tapian Dolok akan menjadi duta Simalungun dalam rangka mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara, yang akan digelar di Kota Tebing Tinggi pada September 2020 mendatang.

Informasi dihimpun BENTENG SIANTAR, berikut para juara MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun.

Golongan Mujawwad Dewasa Putra Juara I, II dan III berturut-turut dari Kecamatan Sidamanik, Dolok Batu Nanggar, dan Bosar Maligas. Untuk Dewasa Putri, Juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan Pematang Bandar, Gunung Maligas, dan Hatonduhan.

Ketua MUI Simalungun H Abdul Halim Lubis menyerahkan piala kepada peraih juara MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun, Sabtu (22/8/2020).

Golongan Mujawwad Remaja Putra, Juara I, II dan III berturut-turut dari Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Bandar, dan Siantar. Remaja Putri Juara I, II dan III berturut-turut dari Kecamatan Tanah Jawa, Pematang Bandar, dan Jawa Maraja Bah Jambi.

Golongan Mujawwad Anak-anak Putra, Juara I, II dan III berturut-turut dari Kecamatan Panombeian Pane, Bandar, dan Dolok Batu Nanggar. Anak-anak Putri Juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan Panombeian Pane, Huta Bayu Raja, dan Jorlang Hataran.

BacaRamadhan Berbagi: PDAM Tirtauli Kunjungi Mushollah Al Ikhlas Karang Sari

Sementara, untuk Cabang Tartil Qur’an Putra Juara I, II dan III berturut-turut dari Kecamatan Jorlang Hataran, Dolok Panribuan, dan Bandar Huluan. Untuk Putri Juara I, II dan III berturut-turut dari Kecamatan Ujung Padang, Gunung Maligas, dan Huta Bayu Raja.

Selanjutnya, Cabang Tahfidz Quran untuk 1 Juz Putra Juara I, II dan III berturut-turut diraih Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Tapian Dolok, dan Sidamanik. Untuk Putri Juara I, II dan III berturut-turut diraih Kecamatan Bandar, Tanah Jawa, dan Siantar.

Tahfidz Quran untuk 5 Juz Putri Juara II dari Kecamatan Tanah Jawa dan Juara III Bosar Maligas. Tahfidz Quran untuk 20 Juz Putra Juara I Kecamatan Huta Bayu Raja dan Juara II Kecamatan Bandar Masilam.

Lalu, Cabang Fahmil Qur’an Putra Juara I, II dan III berturut-turut dimenangkan Kecamatan Tapian Dolok, Hatonduhan, dan Pematang Bandar. Untuk Putri Juara I, II dan III berturut-turut dimenangkan Kecamatan Sidamanik, Pematang Bandar, dan Hatonduhan.

Sementara, Cabang Syarhil Qur’an Putra Juara I, II dan III berturut-turut diraih Kecamatan Tapian Dolok, Bandar, dan Pane. Untuk Putri Juara I, II dan III berturut-turut diraih Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Tapian Dolok, dan Tanah Jawa.

Staf Ahli Bupati Akmal Harif Siregar menyerahkan piala kepada peraih juara MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun, Sabtu (22/8/2020).

Kemudian, Cabang Khattil Qur’an Golongan Hiasan Mushaf Putra Juara I, II dan III berturut-turut diraih oleh Kecamatan Gunung Maligas, Tanah Jawa, dan Sidamanik. Untuk Putri Juara I, II dan III berturut-turut diraih oleh Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Gunung Malela, dan Siantar.

BacaDiwarnai Isak Tangis, Keluarga Korban Kapal Tenggelam Doa Bersama Cara Kristen dan Islam

Ketua LPTQ Simalungun Ramadhani Purba didaulat menyerahkan piala kepada peraih juara MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun, Sabtu (22/8/2020).

Golongan Dekorasi Putra Juara I, II dan III berturut-turut dimenangkan Kecamatan Gunung Maligas, Raya Kahean, dan Panei. Untuk Putri Juara I, II dan III berturut-turut dimenangkan Kecamatan Pane, Gunung Maligas, dan Girsang Sipangan Bolon.

Lalu, Golongan Naskah Putra Juara I Bosar Maligas, Juara II Tapian Dolok, dan Juara III Girsang Sipangan Bolon. Untuk Putri Juara I, II dan III berturut-turut dimenangkan Kecamatan Bosar Maligas, Gunung Malela, dan Dolok Pardamean.

Untuk Golongan Kontemporer Putra Juara I Siantar, Juara II Sidamanik, dan Juara III Gunung Malela. Untuk Putri, Juara I Siantar, Juara II Tapian Dolok, dan Juara III Gunung Maligas.

Bupati Simalungun JR Saragih memukul rebana sebagai pertanda dimulainya Acara MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun, Kamis (20/8/2020).

Dibuka Langsung JR Saragih

Pelaksanaan MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun yang dipusatkan di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Simalungun, berlangsung sukses. MTQ dibuka langsung oleh Bupati Simalungun JR Saragih yang ditandai dengan penekanan tombol sirena dan pemukulan rebana, pada Kamis (20/8/2020).

BacaPeringatan Isra Miraj di MDA Al Ridho, Pencerahan Agama Islam Sejak Usia Dini

Pembukaan MTQ dihadiri para undangan dengan jumlah terbatas. Namun, oleh panitia dilakukan secara live streaming virtual meeting serta menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Supriadi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ oleh siswa/i MAN Simalungun.

MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun mengusung tema ‘Dengan Semangat Pelaksanaan MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun, Mari Satukan Langkah Untuk Membangun Generasi Muda Yang Maju dan Berkarakter Qur’ani’.

Menurut laporan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Simalungun Ramadhani Purba, MTQ tersebut diikuti 543 orang peserta dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Simalungun.

Perlombaan dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu Gedung MUI, Aula Kemenag Simalungun, dan Sekolah Yayasan UISU.

Seluruh peserta, selama mengikuti kegiatan mengikuti protokol kesehatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), seperti memakai masker, jaga jarak, menyiapkan cuci tangan/hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh, dan sebagainya.

Bupati Simalungun JR Saragih berharap pelaksanaan MTQ menjadi sarana meningkatkan silaturrahmi antar sesama peserta.

“Siapa pun yang berangkat ke provinsi nantinya, agar lebih mempersiapkan diri sehingga hasilnya dapat diraih dengan baik,” imbuhnya.

Satu Qur’an Satu Orang

Bupati Simalungun JR Saragih melalui staf ahli bupati Akmal Harif Siregar, dalam acara penutupan MTQN tingkat kabupaten, menyarankan kepada LPTQ untuk memprogramkan satu Qur’an untuk satu orang. Dengan harapan, setiap pribadi Muslim harus mempunyai dan memedomani Al-Qur’an sebagai landasan hidup.

BacaJR Saragih di HUT ke-75 RI: Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

Tampak Hadir dalam acara tersebut antara lain mewakili Kapolres Simalungun, Staf Ahli Bupati dan sejumlah pimpinan OPD jajaran Pemkab Simalungun, Ketua MUI dan perangkatnya, Kakan Kemenag, Ketua LPTQ dan KUA se-Kabupaten Simalungun serta official dan peserta MTQ.