Atasi Dilema Industri Perikanan di Danau Toba, Hasim Bikin Apartemen Cacing

Share this:
BMG
Paslon Mujahidin Nur Hasim-Tumpak Siregar dalam Acara Debat Publik Putaran Pertama, Sabtu (14/11/2020) malam.

PARAPAT, BENTENGSIANTAR.com– Peningkatan pariwisata merupakan salahsatu poin penting dalam visi dan misi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Mujahidin Nur Hasim-Tumpak Siregar. Namun, pariwisata di Simalungun tidak hanya masalah pada tata kelola, melainkan dihadapkan pada dilema industri perikanan dan eksploitasi hutan alam.

Mujahidin Nur Hasim menyadari banyaknya keramba dan lingkungan yang kurang tertata rapi menjadi tantangan tersendiri, terutama di objek wisata Danau Toba. Padahal, Danau Toba sebagai salahsatu tujuan utama wisata di Kabupaten Simalungun.

Menyikapi hal itu, Hasim mengatakan akan melakukan pembinaan terhadap para petani keramba. Lewat pembinaan itu, Hasim akan mendorong para petani keramba agar mengganti pakan ikan, dari pakan berbahan kimia menjadi pakan alami.

Dia mengungkapkan ada beberapa program yang akan mereka lakukan, antara lain membuat apartemen cacing.

“Penelitiannya ada di kami. Tapi karena waktu tidak cukup, kami paparkan secara singkat saja,” ujar menanggapi pertanyaan panelis yang dibacakan moderator debat Ayu Juwita, dalam livestream KPU, lewat facebook, Sabtu (14/11/2020) malam.

BacaRHS Utamakan Ekonomi, Hasim Mandiri, Wagner Unggul, Anton Mantab

Lalu, mereka akan melakukan penataan lingkungan yang baik di destinasi wisata Danau Toba.

Lalu, untuk menambah daya tarik wisatawan mancanegara, dia berencana memohon kepada pemerintah pusat untuk membangun gondola di Danau Toba.

BacaHasim-TPS Kena Tegur, Dilarang Kampanye Tiga Hari

Kemudian yang tidak kalah pentingnya, pasangan calon nomor urut dua ini berencana menggelar even-even tahunan berskala besar di Danau Toba. Dia mencontohkan pesta kembang api di Singapura.

“Itu sangat menggoda wisatawan-wisatawan dari mancanegara. Kami akan membuat gitu nanti di even-even tahunan di Danau Toba,” ujarnya, seraya menambahkan tempat-tempat wisata lainnya di Simalungun juga akan digalakkan lagi.

Share this: