Banjir di Dolok Batu Nanggar, Air Sampai 4 Meter, 174 Rumah Terendam

Share this:
BMG
Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi saat meninjau permukiman warga di Pasar Bawah, Kelurahan Serbelawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, usai banjir, pada Senin (22/11/2021).

SERBELAWAN, BENTENGSIANTAR.com– Musibah banjir melanda sejumlah wilayah di tanah air, akhir-akhir ini. Banjir juga terjadi di Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, pada Sabtu (20/11/2021) malam.

Menurut laporan pihak Kecamatan Dolok Batu Nanggar, ketinggian air mencapai sekitar 50 cm sampai 400 cm (4 meter). Sebanyak 174 rumah warga terendam. Sekitar 120 rumah di Kelurahan Serbelawan dan 54 rumah di Kelurahan Aman Sari.

Selain rumah warga, sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, tempat pemakaman umum, dan musala juga terendam banjir.

Sekretaris Camat Dolok Batu Nanggar Despa Saragih mengatakan, banjir terjadi malam sekitar pukul 23.00 WIB dan air surut sekitar 6 jam kemudian. Beruntung banjir tidak sampai memakan korban jiwa.

“Hanya perabot rumah tangga milik warga yang rusak. Sebagian hanyut terbawa air. Kerugian diperkirakan sekitar Rp100 juta,” ujarnya.

Menurut Despa, terjadinya banjir akibat meluapnya Bah Sikam yang ada di Pasar Bawah, Kelurahan Serbelawan.

Keesokan harinya Minggu (21/11/2021), masyarakat bersama Forkopimcam dan aparatur kelurahan gotong royong membersihkan rumah-rumah warga dari material banjir.

“Kami juga dibantu kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dari BPBD Simalungun dan PT Bridgestone,” kata Despa.

BacaRentetan Banjir Bandang Parapat dan Penebangan Liar di Hutan Sitahoan-Sibatuloting

BacaBanjir di Batubara Meluas Sampai 31 Desa, 5.000-an Rumah Terendam

Selanjutnya, mereka berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Kecamatan Dolok Batu Nanggar, dalam rangka melakukan upaya-upaya penanggulangan banjir dan pasca banjir.

Halaman Selanjutnya >>>

PT Bridgestone Diminta Bantu Atasi Banjir

Share this: