Urea Subsidi Langka, Kepala Dinas Pertanian Simalungun: Suruh Petani Telepon Saya

Share this:
BMG
Kepala Dinas Pertanian Simalungun, Ruslan Sitepu. Ilustrasi pupuk langka.

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Menanggapi pemberitaan terkait kelangkaan atau kosongnya pupuk urea subsidi di sejumlah kios di Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun, Kepala Dinas Pertanian Ruslan Sitepu langsung menghubungi wartawan BENTENG TIMES.

“Siapa yang bilang langka (pupuk urea), pak? Tidak ada langka,” kata Ruslan Sitepu, dari seberang telepon dengan nada cemas.

Kemudian wartawan menjelaskan bahwa di sejumlah kios ada warga yang pulang dan kecewa karena tidak mendapat pupuk. Daerah itu antar lain, di Desa Sigodang Barat, Panei Tongah, Bangun Sitolubah, dan daerah lainnya di Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun.

Termasuk menjelaskan bahwa wartawan telah menanyakan KCD Dinas Pertanian, pihak distributor, gudang penyimpanan Pupuk Indonesia dan juga yang bersangkutan selaku Kadis Pertanian. Namun tidak ada tanggapan apa yang menjadi kendala kekosongan pupuk tersebut.

Mendengar itu, selanjutnya Ruslan menyarankan agar wartawan ikut terlibat memberikan pemahaman kepada petani terkait aturan main selaku kelompok tani.

BacaHarga Pupuk Subsidi Tembus Rp230 Ribu per Karung, Kapolres: Saya Teruskan ke Penyidik

BacaSoal Kelangkaan Pupuk, Gubsu Edy: yang Diajak Bicara pun Tenang-tenang Saja, Bikin Susah

Karena pekerjaan itu bukan ranah tugas dan fungsi wartawan, selanjutnya wartawan kembali menyarankan kepada Kadis Pertanian agar memberdayakan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) selaku jajarannya yang telah digaji dan dibiayai oleh negara untuk membina dan memberdayakan petani.

Mendengar itu, Ruslan pun seketika memotong pembicaraan.

“Kalau gitunya bapak bilang, kalau ada pupuk yang kosong, suruh saja petani yang menelfon (menghubungi, red) saya. Biar langsung saya tanyakan di mana masalahnya dan bisa saya tanyakan ke PPL-nya secara langsung. Kalau ada petani yang protes, suruh saja saya ditelfon,” ujar Kadistan Simalungun mengakhiri.

BacaDjarot Ajak Petani Solid, Bersatu Lawan Mafia Pupuk

BacaPupuk Urea Bersubsidi Langka di Kecamatan Panei, Kadis Pertanian ‘Menghilang’

Terpisah, pihak distributor pupuk urea wilayah Kecamatan Panei, CV Agri Mandiri Sejahtera yang dikonfirmasi melalui staf pemasarannya bernama Dear, tidak bersedia membalas pesan WhatsApp.

Melalui panggilan juga tidak mendapat respon, meskipun nada dering terdengar aktif.

Share this: