Siswa Kelas VI SDN 091548 Raja Maligas Dipungut Rp150 Ribu per Orang, Modus Uang Terima Kasih ke Guru

Share this:
RICHARDO GULTOM-BMG
Ilustrasi. Suasana di SD Negeri 091548 Raja Maligas, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun. 

HUTABAYURAJA, BENTENGSIANTAR.com– Pungutan sejumlah uang kepada peserta didik masih terjadi di Kabupaten Simalungun. Seperti dialami siswa kelas VI SDN 091548 Raja Maligas, Kecamatan Huta Bayu Raja.

Masing-masing siswa diwajibkan membayar Rp150 ribu per orang dengan dalih uang terima kasih ke guru setelah enam tahun mengenyam pendidikan di sekolah dasar negeri (SDN) 091548 Raja Maligas.

Pungutan itu terungkap bermula dari keluhan salahseorang orangtua siswa di SDN 091548 Raja Maligas. Dia merasa aneh karena pungutan dipatok padahal untuk uang terima kasih ke guru.

“Kalau uang terima kasih, kenapa harus dipatok bayar Rp 150 ribu? Kan gak semua orang tua siswa orang mampu bayar,” keluh salahseorang orangtua siswa SDN 091548 Raja Maligas yang memohon namanya tidak dituliskan kepada BENTENG SIANTAR, Rabu (17/05/2023).

Dia juga menyayangkan kebijakan di SDN 091548 Raja Maligas tersebut, karena para siswa tidak hanya harus bayar Rp150 ribu per orang, tapi harus merealisasikan pembayaran pada batas waktu, Rabu (17/05/2023). Sementara, ujian masih berlangsung.

“Bayangkan lae, siswa kelas 6 SD itu pun harus pulang ke rumah untuk meminta uang terima kasih kepada orangtuanya. Saya lihat anak itu pun sampai menangis meminta uang terima kasih itu. Soalnya, kepseknya mengatakan harus hari ini padahal masih suasana ujian,” kata orangtua siswa itu geleng-geleng kepala.

BacaTitah RHS Tak Laku di Huta Bayu Raja, Pungli Masih Ada, Korban Guru PTT

BacaAda Disebut MK2S di Balik Kontroversi Jual Beli Seragam Batik SMP Simalungun

Selain itu, dia juga kecewa terhadap sikap Komite SDN 091548 Raja Maligas. Menurutnya, Komite SDN 091548 Raja Maligas seharusnya menunjukkan keberpihakan kepada orangtua siswa bukan kepada kepentingan kepala sekolah.

“Komite seharusnya membantu meringankan beban orangtua siswa, bukan malah mendukung pihak sekolah yang mewajibkan memberi uang ucapan terima kasih itu dengan nilai patokan 150 ribu,” cetusnya kesal.

Halaman Selanjutnya >>>

Harus Dibayar Lunas Sebelum..

Share this: