Geger, Harimau Ditemukan di Perladangan Tepi Jurang Bah Kisat Simalungun

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Harimau Sumatera ditemukan di perladangan tepi jurang Bah Kisat, Dusun Marihat Tonga, Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan, Simalungun, Senin (23/10/203).

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Siapa sangka, Harimau ternyata masih ada di Kabupaten Simalungun. Satwa dilindungi ini ditemukan warga di perladangan tepi jurang Bah Kisat, Dusun Marihat Tonga, Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Menurut informasi diperoleh Benteng Siantar, Harimau Sumatera ini pertama kali ditemukan oleh warga setempat bernama Diman Sidabalok, pada Minggu (22/10/2023) siang. Saat itu, Diman sebenarnya ingin melakukan pengecekan perangkap babi hutan miliknya.

Dan betapa terkejutnya Diman saat melihat hewan yang masuk perangkapnya, bukan babi hutan melainkan Harimau Sumatera.

Melihat itu, Diman kemudian beranjak dari lokasi dan memberitahukan temuannya ke warga lain. Seisi kampung pun geger.

Oleh perangkat dusun, penemuan Harimau itu kemudian sampai ke telinga pihak berwajib dan diteruskan ke Polsek Dolok Panribuan.

Mendapat informasi itu, personel Polsek Dolok Panribuan turun ke lokasi bersama dengan petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pematang Siantar, pada Minggu sore.

Proses evakuasi Harimau Sumatera dari perladangan tepi jurang Bah Kisat, Dusun Marihat Tonga, Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan, Simalungun, Senin (23/10/203).

BacaMacan Tertabrak di Jalinsum Siantar-Parapat

BacaWarga Resah, Harimau Masuk Pemukiman, Seekor Kerbau Telah Dimangsa

Lalu, keesokan harinya, Senin pagi, sebanyak lima orang anggota tim, termasuk dokter hewan dari Aliansi Pemerhati Satwa, dan Tim Konservasi Harimau Barumun berangkat ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

Proses tembak bius terhadap harimau yang terperangkap berhasil dilakukan pada pukul 14.30 WIB dan evakuasi berhasil selesai pada pukul 15.15 WIB.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: