Kepemimpinan Bupati Radiapoh Bobrok, Gaji Pangulu Tak Kunjung Cair Sejak Agustus Sampai November 2023

Share this:
BMG
Ilustrasi Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga dan para pangulu nagori yang tak kunjung menerima gaji sejak Agustus-November 2023.

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Kepemimpinan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dinilai bobrok. Gaji para pangulu nagori (kepala desa) se-Kabupaten Simalungun tak kunjung cair sejak bulan Agustus sampai dengan November 2023.

Situasi ini tak ayal membuat para pangulu nagori, uring-uringan. Sebagai ujung tombak pelayanan pemerintah di tingkat nagori, mereka tidak bisa bekerja maksimal.

Pangulu Rambung Merah periode 2023-2029, Tumpal Sitorus ketika dikonfirmasi membenarkan jika mereka belum menerima penghasilan tetap (siltap) dari Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk bulan Agustus 2023 sampai  dengan November 2023.

Sejak dilantik sebagai pangulu pada Juni 2023 lalu, dia baru sekali menerima siltap. Realisasi pencairan pada Juli 2023, untuk Juni dan Juli 2023.

“Jadi, sejak Agutus 2023, saya dan para perangkat nagori di Rambung Merah belum ada menerima gaji. Dua minggu lagi, genap empat bulan kami tak terima gaji,” keluh Tumpal Sitorus.

Dijelaskan, total anggaran gaji untuk pangulu berikut dengan para perangkat nagori sebagaimana tertera pada ADN (Anggaran Dana Nagori) di Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, kurang lebih sebesar Rp55 juta. Itu sudah termasuk gaji pangulu sebesar kurang lebih Rp5,6 juta per bulan.

BacaDugaan Korupsi Pengadaan Bibit Kelapa di Silau Bayu, Indikasi Mark Up Harga 300 Persen

BacaPelantikan 72 Pangulu Terpilih di Simalungun ‘Beraroma’ Pungli, Rp15 Juta per Orang

Menurut sepengetahuan Tumpal, situasi serupa hampir merata dirasakan oleh para pangulu nagori di Kabupaten Simalungun. Informasi itu ia ketahui lewat WAG Marhobas Kabupaten Simalungun, WhatsApp Grup yang beranggotakan 343 peserta (mayoritas pangulu se Kabupaten Simalungun).

“Dari WhatsApp Grup saya tahu, ternyata bukan hanya kami, teman-teman pangulu lain juga begitu, belum gajian,” ungkap mantan Anggota DPRD Siantar itu.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: