Kabar Gembira 2024, Rumah Bolon Pematang Purba Bakal Dipugar, Anggaran Rp4 Miliar

Share this:
BMG
Suasana ketika Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Sumatera Utara, Mangapul Purba SE melakukan kunjungan kerja ke Rumah Bolon Pematang Purba, Kabupaten Simalungun, Selasa (05/12/2023).

Pada kesempatan itu, lanjut MP, selain rehab Rumah Bolon Pematang Purba, Pemrovsu pada TA 2024 juga akan melakukan rehab cagar budaya Harajaon (Kerajaan) Marga Sinaga di Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

“Jadi, tahun 2024, nanti ada dua situs bersejarah di Kabupaten Simalungun yang mendapat anggaran rehab dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” ungkap MP.

Mewakili keturunan Harajaon Purba, J Purba menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas perjuangan Mangapul Purba SE.

“Sudah banyak yang datang melihat langsung kondisi rumah bolon, tapi kehadiran Mangapul Purba ini benar-benar membawa kabar yang menggembirakan,” puji J Purba yang disambut tepuk tangan Keluarga Besar Keturunan Raja Purba Pakpak.

Dia berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kesehatan dan memberkati seluruh perjuangan Mangapul Purba, yang saat ini kembali mencalonkan diri menjadi calon Anggota Legislatif (caleg) PDI Perjuangan untuk DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Dapil 10 (Siantar-Simalungun).

Amatan media, kehadiran Ketua Umum DPP Harungguan Purba Simalungun Indonesia, Mangapul Purba disambut  keluarga besar keturunan Raja Purba Pakpak (termasuk tondong Harajaon Purba Pakpak) dan para pengurus Harungguan Purba Simalungun Indonesia dari Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Cabang HPSI Simalungun, dan DPC HPSI Simalungun Hataran.

Acara penyambutan dirangkai dengan tor-tor mangalo-alo. Lalu, pemberian demban (sirih) pamuhunan dari Sekretaris Umum DPP HPSI, Rohdian Purba dan Penasehat HPSI Japaten Purba kepada keturunan dan tondong dari Raja Purba Pakpak.

BacaMangapul Purba, dari Bertani Jadi Politisi, Ini Perjalanan Karirnya

BacaKeluh Kesah Warga Bulu Malando Simalungun, dari 1928 ‘Belum Merdeka’, Mangapul Purba Beri Respon Tegas, Catat!

Pemberian demban pamuhunan memiliki arti filosofis, yakni memohon kepada hasuhutan bolon dalam hal ini keturunan Raja Purba dan tondong, agar diberi izin dan nasehat saat memasuki rumah bolon.

Kemudian dilanjutkan dengan acara ziarah ke makam raja yang ada di komplek Rumah Bolon Pematang Purba.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: