Benteng Siantar

Long Segment Menuju Harangan Girsang Paradise Dimulai, ‘Gambaran’ Jalan Mantap di depan Mata

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Kadis PUTR, Hotbinson Damanik. Latar: kolase foto Penanganan Long Segment Jalan Jurusan Girsang I - Girsang II, Kecamatan Girsang Sipanan Bolon.

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang sedang melakukan penanganan Long Segment Jalan Jurusan Girsang I – Girsang II, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Perbaikan jalan itu ditujukan sebagai sarana pendukung objek wisata Harangan Girsang Paradise.

Pantauan media baru-baru ini, kondisi jalan berlubang dan bergelombang tidak lagi ditemukan di sepanjang jalan. Termasuk material sisa-sisa jalan lapen sudah dibenam.

Kini, permukaan jalan sudah rata. Meski jalan sedikit berabu, akan tetapi bayangan akan kondisi jalan mulus sudah di depan mata. Sekarang, sudah nyaman dilalui, baik dengan mengendarai roda dua maupun kendaraan roda empat.

Proyek pembangunan jalan ini masih berproses. CV Tepayana selaku kontraktor pelaksana masih punya waktu kurang lebih dua bulan menjadikan jalan itu, mulus.

Yang terlihat saat ini masih tahap pekerjaan lapis pondasi base B atau agregat kelas B di sepanjang jalan, dimulai dari Girsang I – Girsang II. Fase ini dilaksanakan setelah pekerjaan timbunan dan pengerjaan tembok penahan tanah.

Sebelumnya, pihak kontraktor pelaksana telah menyelesaikan sand cone dan test feet. Langkah ini ditujukan guna mengetahui kepadatan serta ketebalan yang terpasang agar sesuai desain pekerjaan dan sebagai syarat diterimanya pekerjaan.

Mengenai teknis dan kualitas pekerjaan pondasi jalan itu, Konsultan Pengawas dari CV Laura bermarga Sitompul menuturkan, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan setelah sand cone dan test feet. 

“Ini semuanya nanti bisa kita periksa setelah hasil sand cone. Kita bisa lihat dari pada kerapatannya atau kepadatannya,” terang Sitompul, belum lama ini.

Long Segment Jalan Jurusan Girsang I – Girsang II, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, sedang dalam tahap pekerjaan.

BacaRadiapoh Semringah, Simalungun Raih Predikat WTP dari BPK RI

BacaDi Era Radiapoh, Parapat Bukan Hanya Pantai, Ada Harangan Girsang Paradise

Sebagai informasi tambahan, sumber dana penanganan Long Segment Jalan Jurusan Girsang I – Girsang II, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2024. Nilai kontrak sebesar Rp 8.300.326.000. Pekerjaan dimulai 18 Maret 2024, dengan masa pelaksanaan 180 hari kalender.

Selain pembangunan jalan, Pemerintah Kabupaten Simalungun juga akan membangun berbagai fasilitas di lokasi objek wisata Harangan Girsang Paradise. Pemerintah akan membuat lokasi perparkiran, toilet, alat mitigasi bencana, rambu-rambu menuju lokasi atau puncak Dolok Sirikki itu.

Long Segment Jalan Jurusan Girsang I – Girsang II, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, sedang dalam tahap pekerjaan.

BacaMegahnya Kantor Camat Bandar, Nggak Nyangka Dulunya Begini

BacaBalas Budi, Rakyat Siap Menangkan Radiapoh di Pilkada Simalungun 2024

Kemudian, membangun jalan setapak permanen, kawasan plaza kuliner, dan kios pedagang. Seluruh anggaran bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Tematik, Kementerian Pariwisata Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp6 miliar.