Pembangunan Gedung Merdeka Siantar, Pasar Baru Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Binsar Gultom, Dosen Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kehadiran Gedung Merdeka diyakini akan meningkatkan perekonomian di Kota Pematang Siantar.

Gedung Merdeka tersebut akan dibangun di lokasi Gedung Olahraga (GOR), Jalan Merdeka, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur. Di Gedung Merdeka itu, akan ada pusat perbelanjaan, Gedung Olahraga, dan puskesmas.

Binsar Gultom, salah seorang akademisi menuturkan, secara pribadi, dia mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan adanya pasar atau pusat perbelanjaan yang baru, ekonomi masyarakat juga juga akan meningkat,” kata Dosen Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar ini, kepada BENTENG SIANTAR, Jumat (16/9/2022).

Menurut Binsar, pasar baru dapat menciptakan sentra perekonomian masyarakat yang baru, terutama pada level ekonomi menengah dan bawah.

BacaYang Lama Dibongkar, Dibangun Baru, Diberi Nama Gedung Merdeka Siantar

BacaDaftar Lengkap 88 Pejabat Administrator Yang Dilantik Walikota Susanti, Baca di Sini..

Pasar yang baru tersebut, sambung Binsar, tetap harus memberikan akses kepada pengusaha kecil, salah satunya UMKM, sehingga dampak pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin nyata dapar terlihat.

“Karena pembangunan pasar tersebut menggunakan konsep multifungsi, adanya Gedung Olahraga dan Puskesmas, tentu menjadi destinasi baru di Pematang Siantar, baik dalam aspek ekonomi, olahraga dan kesehatan,” katanya.

Kepala Prodi Pendidikan Ekonomi ini berpendapat, hal positif lain dari pembangunan Gedung Merdeka yakni akan adanya penyerapan tenaga kerja, perdagangan, dan faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

BacaKetua HIPPI Siantar Dukung Pembangunan Gedung Merdeka, Tapi..

BacaBuruan Daftar ke Nommensen Siantar, Tersedia KIP Kuliah dan Beasiswa

Binsar menambahkan, agar perputaran uang tetap berada di level lokal, pemerintah juga boleh memberikan intervensi kepada investor pembangunan Gedung Merdeka, yakni PT Suriatama Mahkota Kencana, untuk memberdayakan orang-orang lokal.

Share this: