Yang Lama Dibongkar, Dibangun Baru, Diberi Nama Gedung Merdeka Siantar

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani menyampaikan sambutan dalam Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Merdeka dan GOR Pematang Siantar, Selasa (31/8/2022).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Dalam waktu tidak lama, Kota Pematang Siantar bakal memiliki gedung baru nan megah. Posisinya di ujung Jalan Merdeka, Kota Pematang Siantar.

Gedung Olah Raga (GOR) yang sudah usang itu akan dirobohkan. Dibikin yang baru. Nama lengkapnya; Gedung Merdeka dan Gedung Olah Raga (GOR) Kota Pematang Siantar.

Pengerjaaan sudah dimulai. Walikota Siantar Susanti Dewayani datang langsung melakukan peletakan batu pertama, Rabu (31/8/2022), pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

Susanti bilang pembangunan gedung itu kerjasama pemanfaatan barang milik daerah, antara Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dengan PT Suriatama Mahkota Kencana. Pola kerjasamanya; Bangun Guna Serah (BGS). Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016.

Yang bangun PT Suriatama Mahkota Kencana. Yang memakai, PT Suriatama Mahkota Kencana. Juga Pemko Pematang Siantar.

Oleh PT Suriatama Mahkota Kencana akan dibuat pusat perbelanjaan sekelas mall di gedung baru itu.

Sedangkan, Pemko Siantar kebagian fasilitas gedung olahraga dan kantor baru buat Puskesmas Pardomuan.

Gedung Merdeka itu baru akan diserahkan sepenuhnya ke Pemko Pematang Siantar, nanti saat batas waktu perjanjian berakhir. Itu kalau ada kata sepakat perpanjang kontrak.

Bagi Susanti, optimalisasi Tanah GOR akan memberikan dampak pengganda (multiplier effect) yang sangat besar untuk Kota Pematang Siantar. Dimulai dari peningkatan perolehan pendapatan asli daerah (PAD), penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Pada akhirnya nanti akan mendorong percepatan pemerintah daerah dalam mewujudkan Kota Pematang Siantar yang sehat, sejahtera, dan berkualitas,” kata Susanti, dalam acara peletakan batu pertama itu.

Baca22 Tahun Taman Hewan Dikerjasamakan, Pemko Siantar Tertutup Soal Bagi Hasil

BacaGedung Juang 45 Siantar akan Direnovasi, Jadi Ikon Pariwisata Simalungun

Menurut walikota siantar perempuan pertama itu, pembangunan Gedung Merdeka Siantar juga strategis, karena kerjasama pemanfaatan tersebut akan menjadi trigger atau pemicu iklim investasi yang kondusif di Kota Pematang Siantar.

Halaman Selanjutnya >>>

Bukan Yang Pertama

Share this: