Paten! Kini, Siantar Punya Kampung Tenun Ulos, Lokasinya di Sini..

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani, didampingi Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting meninjau alat tenun Ulos listrik di Kampung Tenun Ulos Siantar, pada perayaan Hari Ulos Nasional Tahun 2023, di Jalan Aries 1 No 51, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Rabu (11/10/2023).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kini, Kota Pematang Siantar memiliki Kampung Tenun Ulos. Walikota Susanti Dewayani langsung yang meresmikan bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting. Lokasi peresmian di Jalan Aries 1 No 51 Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Rabu (11/10/2023).

Peresmian itu sekaligus perayaan Hari Ulos Nasional Tahun 2023.

Mengawali sambutannya, Susanti mengucapkan terima kasih kepada PT PLN (Persero) atas dukungan dan support dalam peresmian Kampung Tenun Ulos Siantar. Sebab PT PLN telah memberikan bantuan alat tenun yang menggunakan daya listrik.

“Ini menunjukkan bukti konkret adanya kolaborasi atau kerjasama antara pihak BUMN atau swasta dengan Pemko Pematang Siantar, yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomian di Kota Pematang Sianțar,” sebut Susanti.

Menurut Susanti, Indonesia kaya akan budaya dan warisan leluhur. Salah satunya Ulos yang patut dilestarikan.

“Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Ulos Nasional yang jatuh pada 17 Oktober 2023, peresmian Kampung Ulos dilakukan diwakili Kelurahan Bah Kapul. Serta ada beberapa titik lagi yang kita canangkan sebagai Kampung Ulos,” katanya.

Kampung Ulos, lanjut Susanti, memiliki 2.300 pengrajin tenun Ulos yang bergabung dalam satu koperasi. Sehingga, tingkat kepercayaan masyarakat pengguna tenun Ulos akan semakin baik. Dan mudah-mudahan juga semakin meningkat dari segi kualitas dan kuantitas.

BacaJokowi Minta Infrastruktur Danau Toba Digarap Ramai-Ramai

BacaLihat Cantiknya Istri Djarot Saiful Hidayat dalam Balutan Ulos Batak

Susanti juga mengutarakan beberapa hal yang bisa diambil dari keberadaan Kampung Tenun Ulos Siantar. Di antaranya, lokasi tersebut akan menjadi pusat pengembangan tenun Ulos, khususnya di Kota Pematang Siantar.

“Di lokasi ini nantinya akan ada inovasi-inovasi dalam motif dan produk turunannya,” sebut Susanti.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: