November 2023, Realisasi Pengadaan Barang dan Jasa UMKM Capai Rp221,49 Triliun

Share this:
BMG
Walikota Susanti Dewayani menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang dan Jasa (Rakornas PBJ) Tahun 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Realisasi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Tahun 2023 hingga 1 November 2023, telah mencapai Rp221,49 triliun. Dan, produk dalam negeri (PDN) sebesar Rp474,62 triliun.

Atas capaian itu, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki mengapresiasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang terus-menerus, dan sistematis memanfaatkan pengadaan barang dan jasa pemerintah, untuk pengembangan industri dalam negeri, khususnya UMKM. Dia menilai LKPP telah mengungkapkan potensi pembelian produk dalam negeri yang sangat signifikan.

Teten mengatakan, angka tersebut menandakan ada kemajuan dalam realisasi PBJ UMKM. Laporan dari LKPP mencatatkan belanja barang/jasa UMKM telah mencapai 37,6 persen dari target pemerintah yang menetapkan 40 persen. Target 40 persen belanja UMKM itu kan baru tercapai 37,6 persen.

“Ini angka sudah cukup bagus jika dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi, masih terus harus kami perjuangkan,” tutur Teten, dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang dan Jasa (Rakornas PBJ) Tahun 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (07/11/2023).

BacaYang Lama Dibongkar, Dibangun Baru, Diberi Nama Gedung Merdeka Siantar

BacaSusanti Sebut Silpa Rp96 Miliar dari Efisiensi Belanja, Timbul: Apakah Itu Benar? Masih Kita Uji

Pada kesempatan itu, Teten mengajak semua pihak memajukan pengadaan barang dan jasa yang lebih optimal, transparan, dan adil bagi semua. Maka, forum ini adalah tempat untuk berkolaborasi dalam sektor pengadaan.

“Kemenkop UKM akan terus berkomitmen mendukung transaksi pengadaan barang dan jasa, dengan fokus kepada pemberdayaan UMKM melalui program pelatihan dan pendampingan, memperluas akses pembiayaan, mempermudah perizinan usaha, menyediakan akses dan pendampingan bersertifikasi, meningkatkan kapasitas produksi UMKM,” ujar Teten.

BacaKedepan, Pengadaan Barang dan Jasa di Pemko Siantar Pakai Aplikasi Berbasis Elektronik

BacaAda Sidang Beraroma Suap di PN Siantar Sampai Muncul Ancaman Lapor KY, Rahmat Hasibuan: Silakan Saja!

Amatan media pembukaan ditandai dengan memainkan angklung secara serentak dan Walikota Siantar, Susanti Dewayani ikut serta. Turut mendampingi Susanti, Kepala Bagian (Kabag) PBJ Sekretariat Daerah Pemko Pematang Siantar, Santo Simanjuntak, dan Plh Kabag Umum Lahiri Amri Ghoniyu Hasibuan SSTP MAP.

Share this: