Pekan Ini, Puluhan Musisi Guncang Samosir, Ada dari Luar Negeri

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Manager Director Samosir Music International (SMI) Henri Manik foto bersama Samuel Hutajulu dari Biondi Enterprise dan musisi asal Austria di Sapadia Hotel, Kota Siantar, Selasa (22/8/2033).

Minim Dukungan Pemerintah

Dalam kesempatan itu, Henri juga mengungkapkan tentang minimnya dukungan maupun sponsor dari pemerintah dan swasta pada kegiatan ini.

“Selama bertahun-tahun ini menjadi pertanyaan saya pribadi. Saya juga bingung, padahal event tergolong sukses. Contohnya, patokan swasta itu salah satunya jumlah pengunjung. Jumlah pengunjung kita selama ini di atas target yang mereka inginkan,” ujarnya.

Lantas, dia bercerita tentang salah satu perusahaan rokok yang mengakui secara terbuka kepadanya atas kesuksesan SMI 2019 lalu.

“Pimpinan mereka datang mencari saya untuk mengucapkan terima kasih. Makanya, saya bingung, apakah para sponsor ini melihat Samosir bukan area mereka atau seperti apa?” tuturnya.

Tak hanya pihak swasta, pemerintah pusat dan daerah juga dinilai kurang memberikan dukungan atas kegiatan tersebut.

Diketahui, Danau Toba adalah salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga memerintahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk berfokus mengembangkan destinasi pariwisata, termasuk Danau Toba.

Selain itu, Kemenparekraf juga memasukkan Samosir Music International dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

“Khususnya pusat, selalu digaungkan kalau Danau Toba masuk destinasi pariwitasa prioritas. Artinya, kita yang membuat kegiatan seperti ini, senang mendengar hal itu,” tukasnya.

Namun, sambung Henri, dukungan yang diberikan pemerintah untuk keberlangsungan kegiatan ini masih sangat minim.

“Mungkin orang-orang di Samosir melihat (dukungan) itu sangat besar, tetapi untuk kegiatan seperti ini sangat minim. Seperti yang saya katakan, kita itu butuh pemerintah yang sangat serius melihat kita. Artinya, untungnya sama mereka semua. Dari pemerintah daerah sampai ke pusat. Di Kabupaten Samosir, ini salah satu event mereka yang bisa mereka banggakan,” tuturnya.

menggelar konferensi pers di Sapadia Hotel, Kota Siantar, Selasa (22/8/2033).

BacaAda Musisi Nasional Eka Gustiwana di Konser Bertajuk ‘Tradisionaland’ Kota Gunungsitoli

BacaFestival Bertajuk Talenta Siantar, Mischa Terbaik Tarik Suara, Putri di Modeling

Dia mengatakan, adanya spekulasi yang menyebut event SMI selalu mendapatkan keuntungan bukanlah realita sesungguhnya.

“Realitanya bukan seperti itu. Artinya, kita orang-orang yang serius memberi hati bahkan dana. Kantong saya selama ini boncos juga untuk menutupi (kerugian maupun pengeluaran) itu,” ujarnya.

“Apa bedanya dengan destinasi prioritas yang lain? Seharusnya diperlihatkan di situ. Mudah-mudahan dengan situasi seperti ini bisa membuka pikiran mereka agar kegiatan seperti ini bisa kita tindak lanjuti ke depan,” kata Henri menambahkan.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: