Pemilu Legislatif dan Pilpres Serentak, Kompetisi Ketat Parpol, Potensi Kerawanan

Share this:
BMG
Latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 bertempat di Makorem 022/Pantai Timur, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Simalungun, Senin (28/1/2019).

Masih kata Danrem, netralitas TNI kembali harus ditunjukkan. Oleh karenanya, seluruh prajurit diperintahkan berpegang teguh pada pedoman netralitas TNI. Jangan terpengaruh pada berbagai isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Pegang teguh rantai komando dan laporkan kepada komandan satuan bila menemui kendala. Salah satu tugas TNI sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 adalah memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dan kepolisian atas permintaan dalam menangani kerusuhan sosial yang terjadi, dan menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman disintegrasi bangsa maupun ancaman lainnya, yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu legislatif dan Presiden Tahun 2019. Juga menjaga stabilitas keamanan di wilayah,” paparnya.

Korem 022/PT beserta seluruh jajaran dituntut senantiasa memiliki kesiapan dan kecepatan bergerak serta profesionalitas prajurit yang handal. Dengan demikian, setiap saat mampu melaksanakan tugas perbantuan tersebut secara berhasil dan berdaya guna.

“Guna mewujudkan kesiapsiagaan sebagaimana saya sebutkan, maka diperlukan latihan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan jajaran Korem 022/PT, sehingga mampu melaksanakan tugas perbantuan kepada pemerintah daerah dan kepolisian dalam mengamankan Pesta Demokrasi Tahun 2019 ini!” tegasnya.


Uspida Siantar dan Simalungun foto bersama dengan seluruh dandim di jajaran Korem 022/PT, Danyonif 122/TS, para perwira, Korem 022/PT, usai Upacara Pembukaan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019, di Makorem 022/PT, Senin (28/1/2019).

Penyelenggaraan latihan, katanya lagi, mencerminkan tingginya komitmen dan tanggung jawab komando untuk senantiasa berupaya menjadikan para prajurit yang profesional dalam setiap penugasan.

“Saya minta kepada seluruh peserta bersungguh-sungguh melaksanakan latihan ini, sehingga akan diperoleh gambaran nyata tentang mekanisme perbantuan TNI kepada Polri dan pemerintah daerah dalam mengamankan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden. Untuk selanjutnya dijadikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan latihan di satuan jajaran Korem 022/Pantai Timur,” tukasnya.

BacaViral Kapten Leo Keluar Rumah Sakit Tentara Sambil Bawa Infus, Begini Penjelasannya

Danrem juga menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani dalam latihan. Pertama, memanfaatkan latihan sebagai wahana meningkatkan kemampuan dan keterampilan guna mendukung tugas pokok. Kedua, melaksanakan prosedur latihan sebagaimana teori yang telah diperoleh. Ketiga, tetap memerhatikan faktor keamanan dan pengamanan, baik personel maupun materil serta memedomani prosedur latihan.

Upacara juga dihadiri Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba, Ketua Pengadilan Negeri Simalungun, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Simalungun, seluruh Dandim di jajaran Korem 022/PT, Danyonif 122/Tombak Sakti Letkol Infantri Ahmad Azis, para perwira, bintara, dan tamtama di jajaran Korem 022/PT.

Share this: