Semoga Tembus! Usul Perbaikan Jalan Lingkar Danau Toba di Simalungun, RHS Temui Luhut

Share this:
BMG
Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan saat menerima Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, di Kantor Kementerian Menko Marvest, Jumat (07/01/2022).

Usul Rehabilitasi Jaringan Irigasi

Hal itu, tentu akan memberikan dampak yang sangat baik bagi masyarakat sekitar. Dia menyampaikan, pemerintah Kabupaten Simalungun juga berusaha mendukung pengembanggan DPSP Danau Toba dengan melakukan peningkatan kondisi infrastuktur jalan, baik di lokasi wisata yang telah ada maupun di daerah yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata baru.

Beberapa ruas jalan telah diperbaiki melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD), namun dengan anggaran yang terbatas belum mampu untuk menuntaskan semua ruas jalan pendukung DPSP Danau Toba.

Walaupun di tengah keterbatasan alokasi anggaran yang tersedia, Pemerintah Kabupaten Simalungun telah menggagas dan melaksanakan perbaikan jalan melalui partisipasi masyarakat bergotong-royong yang dikenal dengan program ‘Simalungun Marharoan Bolon’ untuk dapat memperbaiki jalan kondisi rusak berat agar layak dilalui kendaraan roda empat.

“Melalui Bapak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, kami bermohon agar pemerintah pusat dapat memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk pembangunan ruas-ruas jalan strategis pendukung DPSP Danau Toba di Kabupaten Simalungun sepanjang 40,33 kilometer dengan perkiraan biaya Rp174.297.000.000,” sebut Radiapoh.

BacaDanau Toba, Danau Prioritas Nasional di Ambang Kritis

BacaAkan Dibangun 1.765 Unit Sarana Hunian Pariwisata di Kawasan Danau Toba

Kemudian, bupati juga menyampaikan, sehubungan dengan banyaknya kerusakan jaringan irigasi di Kabupaten Simalungun yang terjadi akibat bencana longsor serta usia bangunan yang sudah lama, disampaikan usulan perbaikan atas kerusakan jaringan irigasi dimaksud.

“Kami sampaikan bahwa akibat kerusakan jaringan irigasi itu berdampak kepada areal persawahan yang terlayani oleh jaringan irigasi serta program pemerintah pusat dalam rangka ketahanan pangan nasional. Adapun usulan rencana rehabilitasi jaringan irigasi yang kami usulkan 38 daerah irigasi dengan pagu anggaran Rp115.300.000.000,” kata Bupati.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: