Sekcam Siantar Sitalasari Tepergok Kumpulkan Fotokopi KTP, Ditarget Mendulang Suara Anak Sang Wali?

Share this:
IST-BMG
Sekcam Jaya Kusuma tertangkap kamera sedang melayani warga di salahsatu kedai kopi, Jalan Sibatubatu, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Selasa (10/10/2023) lalu. Menurut warga yang mengabadikan foto ini, Jaya Kusuma sedang mengumpulkan fotokopi KTP. 

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Sekretaris Camat (Sekcam) Siantar Sitalasari tepergok sedang mengumpulkan fotokopi KTP warga di Sibatubatu. Menurut penuturan seorang warga, pengumpulan fotokopi KTP oleh sekcam  diarahkan untuk mendukung pencalonan anak sang Walikota dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPRD Kota Pematang Siantar.

Informasi diperoleh, Sekcam Jaya Kusuma melakukan pengumpulan KTP warga di sebuah kedai kopi, Jalan Sibatubatu, Kelurahan Bah Kapul, Siantar Sitalasari, pada Selasa (10/10/2023) lalu.

Untuk diketahui, perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) terkhusus Pemilihan Legislatif tinggal hitungan bulan. Berbagai upaya dilakukan para peserta atau Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari berbagai partai politik untuk mendapat dukungan suara.

Demikian halnya dengan pencalonan anak sang Walikota Pematang Siantar dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPRD Kota Pematang Siantar dari Daerah Pemilihan (Dapil 2) yakni Siantar Sitalasari dan Siantar Martoba, diduga melibatkan Aparat Sipil Negara (ASN), termasuk Camat dan Lurah.

Mereka mulai tampak bergerilya dalam upaya lobi-lobi ke warga agar mengarahkan pilihan suara nantinya ke anak sang walikota.

BacaPesan Susanti Jelang Pemilu 2024: Pilihan Boleh Beda, Tapi Kerukunan Harus Tetap Terjaga

BacaSusanti Tegaskan, Pejabat Wajib Melayani Permohonan Informasi Publik Secara Cepat dan Tepat Waktu

Namun, Sekcam Siantar Sitalasari, Jaya Kusuma membantah tudingan melakukan pengumpulan fotokopi KTP untuk dukungan ke bacaleg. Jaya Kusuma berdalih, apa yang ia lakukan adalah bagian dari pelayanan sebagai abdi negara.

“Oh itu, saya bantu pengurusan KTP warga yang rusak dan yang hilang. Bukan mengumpul-ngumpulkan fotokopi KTP. Aku ASN, konyol lah kita bang. Ngumpul-ngumpul KTP di pinggir jalan,” ujar Jaya Kusuma, ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/10/2023).

Halaman Selanjutnya >>>

Sanksi PNS Terlibat Politik Praktis

Share this: