Pakai Mobil Pemadam Kebakaran, Seluruh Siantar Disemprot Disinfektan

Share this:
BMG
Pj Sekda Kota Pematangsiantar Kusdianto saat berbicara dalam rapat Tim Koordinasi Antisipasi Penanggulangan Covid-19, di Ruang Data Kantor Walikota Pematangsiantar, Senin (23/3/2020).

SIANTAR, BENTENGTIMES.com– Seluruh wilayah di Kota Pematangsiantar segera disemprot disinfektan. Penyemprotan yang bertujuan mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19, itu rencananya menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Hal itu disampaikan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto, dalam rapat Tim Koordinasi Antisipasi Penanggulangan Covid-19, di Ruang Data Kantor Walikota Pematangsiantar, Senin (23/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Kusdianto menerangkan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar sudah berupaya semaksimal mungkin mengantisipasi Covid-19. Seperti melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi, sosialisasi, membagikan brosur, dan pembentukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Upaya lainnya, lanjut Kusdianto, mempertajam langkah-langkah dalam penanggulangan Covid-19 di Kota Pematangsiantar. Lalu,
mengimbau Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengecek orang-orang luar yang masuk ke Kota Pematangsiantar di pintu-pintu masuk.

“Dan akan melakukan penyemprotan ke seluruh Kota Pematangsiantar menggunakan mobil pemadam kebakaran,” kata Kusdianto.

Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga mengatakan, melalui rapat tersebut harus bisa diambil langkah-langkah konkrit ke depan. Bila ada masalah, khususnya untuk anggaran, Timbul menegaskan pihaknya siap berkoordinasi.

BacaEmpat PNS RSUD Siantar Melancong ke Thailand di Tengah Ancaman Corona

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Pematangsiantar dr Ronald Saragih dalam rapat tersebut mengungkapkan, masih banyak masyarakat yang tidak jujur untuk memeriksakan dirinya. Padahal yang bersangkutan baru pulang dari luar kota ataupun luar negeri.

Selain itu, kata Ronald, pihaknya juga meminta bantuan TNI/Polri agar mendampingi petugas kesehatan saat menginformasikan penanggulangan Covid-19 ke masyarakat.

“Mengajak masyarakat untuk sesering mungkin mencuci tangan dan membersihkan tubuh selepas dari luar rumah. Lalu, memeriksakan diri secepatnya jika merasa demam, pilek, dan sesak nafas,” pungkasnya.

BacaAnggota DPRD Siantar Protes karena Masuk Daftar ODP COVID-19, dr Erika Menangis

 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pematangsiantar Midian Sianturi berharap segera disusun langkah-langkah yang harus segera dilakukan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Selain itu, Midian mengeluhkan sulitnya memeroleh bahan baku untuk penyemprotan disinfektan.

Share this: