Malam Mencekam di Jalan Surabaya Siantar, 3 Ruko Terbakar, 1 Tewas, Butuh 11 Jam Evakuasi

Share this:
BMG-FERRY SIHOMBING
Jenazah Kho Siang Lang saat dievakuasi dari ruko miliknya di Jalan Surabaya, Kelurahan Dwikora, Siantar Barat, Rabu (25/3/2020) sekira pukul 11.30 WIB.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com – Peristiwa mencekam terjadi pada Rabu (25/3/2020) sekira pukul 00.30 WIB dini hari saat kebakaran besar menghanguskan tiga unit rumah toko (ruko) di Jalan Surabaya, Kelurahan Dwikora, Siantar Barat.

Ketiga ruko itu merupakan milik pengusaha alat-alat sembahyang Kho Siang Lang, ditributor koran Yong Long dan praktek dokter umum dr Albert M Jacobson.

BACA: Nenek dan Cucunya Tewas Dalam Kobaran Api yang Membakar Rumah di Raya Kahean

Insiden itu pun menghebohkan warga sekitar. Sebab, api dengan cepat membesar dan menghanguskan ketiga ruko tersebut.

Setelah mendapat informasi itu mobil pemadam kebakaran (damkar) segera turun dan api di ruko milik Yong Long dan Albert berhasil dipadamkan dengan cepat.

Namun, api di ruko milik Kho Siang Lang terus membesar dan menjalar hingga ke lantai tiga ruko itu. Petugas sempat kewalahan memadamkan api. Sebab, ruko itu dipenuhi barang-barang yang mudah terbakar dan akses ke dalam cukup sempit. Pemadaman pun terus dilakukan hingga Rabu pagi.

Suasana saat kebakaran menghanguskan tiga unit ruko di di Jalan Surabaya, Kelurahan Dwikora, Siantar Barat, Rabu (25/3/2020) dini hari.

Belum lagi, Kho Siang Lang terjebak di dalam ruko. Selain memadamkan api, petugas Damkar, Kepolisian dan BPBD juga terus mencari Kho Siang Lang.

Hingga akhirnya, sekira pukul 11.30 WIB, api berhasil dipadamkan dan Kho Siang Lang berhasil ditemukan di kamar mandi lantai satu ruko itu. Namun naas, wanita 60 tahun itu sudah tak bernyawa. Tubuhnya dipenuhi luka bakar.

Oleh petugas, jenazah Kho Siang Lang selanjutnya dievakuasi ke Intalasi Jenazah RSUD dr Djasamen Saragih Kota Siantar untuk dibersihkan.

Kepala Seksi Operasional (Kasi Ops) Damkar Siantar Remaja Ginting mengungkapkan, sesuai informasi yang mereka peroleh, saat kebakaran terjadi, Kho Siang Lang sudah keluar rumah bersama anaknya.

BACA: Vika, Tersangka Kasus Kebakaran Belasan Kios di Siantar Itu Ternyata Positif Narkoba

“Sudah sempat keluar. Tapi, masuk lagi. Ada yang mau diambil katanya,” ungkap Remaja.

Hal itu pu dibenarkan anak Kho Siang Lang, Anthoni. Kata dia, ibunya masuk lagi ke dalam rumah untuk mengambil air dan menyirami api tersebut. “Mau ambil air. Rupanya terjebak di dalam kamar mandi,” jelasnya.

Anthony melanjutkan, saat kejadian, dirinya baru saja pulang ke rumah. Namun saat masuk ke dalam, dia melihat api sudah menyala dan mulai menjalar.

Meski begitu, tak ada yang bisa dilakukan Anthony untuk menyelamatkan ibunya itu. Api membesar dengan cepat.

Sementara itu, Kapolsek Siantar Barat Iptu Esron Siahaan mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut atas insiden itu. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek (korslet).

Share this: